DetikNews
Jumat 21 April 2017, 11:30 WIB

Hari Kartini, Istri Pengusaha di Garut Blusukan ke Tempat Sampah

Hakim Ghani - detikNews
Hari Kartini, Istri Pengusaha di Garut Blusukan ke Tempat Sampah Foto: Hakim Ghani
Garut - Di Hari Kartini yang diperingati hari ini, sejumlah istri pengusaha di Garut yang menamakan diri Tim 10 blusukan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Mereka membagikan nasi bungkus gratis kepada para petugas kebersihan.

Berseragam kebaya, ibu-ibu ini tak sungkan untuk membagikan nasi dari atas mobil colt. Ibu-ibu ini membagikan tak kurang dari 450 bungkus nasi.

Salah seorang anggota Tim 10, Lilis Zaki mengatakan aksinya membagikan nasi bungkus gratis ini sudah dilakukan sejak tiga tahun terakhir setiap hari jum'at. Namun, di hari yang spesial ini Lilis mengatakan ia dan rekannya sengaja blusukan ke TPA.

"Alhamdulillah ini sudah tiga tahun sebetulnya, cuman di hari yang spesial ini kita blusukan ke TPA biasanya cuman bagiin di perkotaan aja," ungkap Lilis kepada wartawan di TPA Pasir Bajing, Kecamatan Banyuresmi, Garut.

Baca juga: Peringati Hari Kartini, Polwan Cantik Bripda Ismi Gelar Pameran Foto

Selain memberikan nasi bungkus gratis kepada petugas kebersihan di TPA, kata Lilis, Tim 10 juga memberikan nasi tersebut kepada para pemulung dan tukang becak yang berada di perkotaan.

"Intinya di kesempatan kali ini, kita ingin menunjukkan semangat Kartini dalam berjuang," katanya.

Aksi mereka ini pun diapresiasi oleh sejumlah petugas kebersihan. Para petugas berharap agar aksi ini dilakukan setiap hari.

"Alhamdulillah saya senang diberi nasi bungkus, semoga aja tiap hari," ungkap Dede Rohiman (57) kepada detikcom saat ditemui di Jalan Ahmad Yani, Garut Kota, Garut, jumat (21/4/2017).

Sebelumnya diketahui, 21 April diperingati sebagai hari lahirnya salah seorang pahlawan nasional, Raden Ajeng Kartini. Pada tahun ini diketahui sebagai hari peringatan yang ke-138.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed