DetikNews
Senin 03 Oktober 2016, 15:21 WIB

Mobil Dinas Baru Milik Anggota DPRD Jabar Mejeng di Parkiran Kantor Dewan

Masnurdiansyah, - detikNews
Mobil Dinas Baru Milik Anggota DPRD Jabar Mejeng di Parkiran Kantor Dewan Foto: Masnurdiansyah
Bandung - Diam-diam pengadaan mobil dinas anggota DPRD Jawa Barat sudah dilakukan. Terbukti, sejumlah mobil Merek Toyota Kijang Innova mejeng di pelataran parkir bawah tanah Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro.

Dari pantauan detikcom, Senin (3/10/2016), ada dua mobil serupa yang terlihat di pelataran parkir basement DPRD Jabar. Kedua kendaraan ini memiliki tipe yang sama berjenis Q AT 2.4. Tipe Q merupakan tipe tertinggi dari seluruh Kijang Innova 2016, yang dikeluarkan oleh PT Toyota Astra Motor. Mobil ini dibandrol Rp 400 juta. Mobil yang ada saat ini memiliki jenis mesin diesel, dengan kekuatan kecepatan sebesar kurang lebih 4.000 cc.

Menurut salah satu sumber di DPRD Jabar, mobil dinas yang baru tersebut belum semuanya datang. Hanya beberapa anggota dewan saja yang sudah memakainya.

"Belum semuanya datang paling bisa dihitung jari. Karena belum pada diambil dan ada juga yang tidak mau mengambil," ujar pria yang bertugas sehari-hari di DPRD Jawa Barat tersebut.

Ia mengatakan mobil dinas baru yang terparkir setiap harinya masih bisa dihitung dengan jari. "Tidak lebih dari 10 unit lah. Yang sekarang ada aja cuman dua," kata pria yang sehari-hari bertugas di DPRD Jabar.

Kendaraan ini telah terparkir sejak Senin pagi. Hingga sore hari tak ada lagi mobil jenis serupa yang masuk dan parkir di basement. Selain itu para anggota dewan juga masih banyak yang menggunakan mobil dinas yang lama berjenis Toyota Rush.

"Masih ada yang pakai mobil dulu juga. Biasanya memang mobil semua parkir di sini (basement). Kalau kedatangan mobilnya saya kurang tahu ya kapan-kapannya," kata dia.

Mobil innova dengan warna hitam memberikan kesan tambahan bagi yang menggunakannya. Kesan mewah hadir saat melihat mobil tersebut. Apalagi kondisinya yang selalu bersih dan mengkilat. Tiga huruf belakang yang tertera di nopol kendaraan tersebut rata-rata hampir sama yakni 'AEP'.

Soal pengadaan mobil anggota dewan yang baru ini sudah lama dipersoalkan publik. Anggarannya masuk dalam APBD murni sebesar Rp 50 miliar. Pada awalnya bukan Innova yang akan dibeli namun 95 fortuner, satu Toyota Alpard dan empat Toyota Landcruiser.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed