Target Citarum Bestari, Aher: Lauk Harirup Deui

Baban Gandapurnama - detikNews
Senin, 30 Mei 2016 17:27 WIB
Gubernur Aher saat meninjau Sungai Cikapundung yang penuh sampah/Foto: Baban Gandapurnama
Bandung -

Pemprov Jabar gembar gembor mengajak seluruh lapisan masyarakat guna menyukseskan gerakan Citarum Bestari. Sesuai jadwal, peresmian program tersebut serentak digelar 2 Juni mendatang di daerah-daerah yang dilintasi aliran Sungai Citarum. Apa target kegiatan Citarum Bestari?

"Targetnya, Citarum bersih. Kemudian sampahnya tidak ada, lauk harirup deui (ikan hidup kembali)," ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan atau Aher di gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (30/5/2016).

Gerakan Citarum Bestari bertujuan memberikan penyadaran bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat beserta personel TNI, Polri dan pemerintah akan kerja bakti membersihkan sampah yang mengotori sungai.

"Kalau bersih bisa ngojay (berenang)," kata Aher.

Dia menegaskan, gerakan Citarum Bestari terus berkelanjutan demi menjaga kelestarian Sungai Citarum. Guna mencegah orang atau pihak yang seenaknya membuang limbah ke Citarum, personel TNI dan Polri akan rutin melakukan patroli menyusuri sungai.

"Gerakan ini gerak simultan, enggak akan berhenti hingga masyarakat benci buang sampah ke sungai," tutur Aher.

Gerakan ini akan berlangsung di 200 desa yang dilintasi Sungai Citarum. Untuk tahun ini, program Citarum Bestari akan dimulai 2 Juni hingga akhir Desember dengan menghabiskan dana sekitar Rp 13 miliar.



(bbn/ern)