DetikNews
Sabtu 30 Januari 2016, 14:31 WIB

RSHS: Dede Manusia Akar Meninggal karena Kegagalan Multiorgan

Avitia Nurmatari - detikNews
RSHS: Dede Manusia Akar Meninggal karena Kegagalan Multiorgan Foto: Avitia Nurmatari/dok detikcom
Bandung - RS Hasan Sadikin memberikan keterangan resmi terkait penyebab meninggalnya Dede Koswara (46), Sabtu (30/1/2016). Dede meninggal karena kegagalan multiorgan.

Keterangan tersebut disampaikan dr Rudi Wisaksana selaku perwakilan Tim Infeks Khusus yang menangani Dede, dalam jumpa pers yang digelar di RSHS, Jalan Pasteur.

Menurut Rudi, Dede masuk ke RSHS pada Kamis (28/1/2016). Saat itu kondisi Dede dalam keadaan tak sadarkan diri.

"Mulanya di ketika di rumahnya Pak Dede lama tidurnya, sulit dibangunkan. Lama-lama kesadarannya menurun lalu dibawa oleh keluarga ke RS Cililin," terang Rudi.

RS Cililin kemudian berkoordinasi dengan RS Hasan Sadikin untuk penanganan lebih lanjut.

"Saat tiba di sini, kondisi pasien sudah tidak sadarkan diri. Keadaan terus memburuk," terang Rudi.

Setibanya di RSHS, Dede langsung dirawat di ruang Flamboyan. Kondisi organ vital yakni hati, ginjal, paru-paru dan otak dalam kondisi buruk.

"Jadi selain penyakit kulitnya, Dede ini memiliki riwayat penyakit hati yang sudah komplikasi ke ginjal dan paru-paru dan otak. Juga sempat mengalami sesak nafas pada pukul Jumat (29/1/2016) pukul 23.00 WIB, " jelasnya.

Pihak RSHS, lanjut Rudi sudah berupaya maksimal untuk menangani Dede. Namun takdir berkata lain. Hingga pada pukul 03.30 WIB dini hari tadi, Dede mengembuskan nafas terakhirnya.

"Kami sudah berusaha maksimal, tapi Tuhan berkehendak lain. Pasien atas nama Dede meninggal tadi pagi pukul 03.30 WIB," terang Rudi.

Sementara itu, di tempat yang sama, Dr R Nina Susana Dewi mewakili pihak RSHS mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga.

"Kami menyampaikan belasungkawa secara langsung kepada pihak keluarga. Semoga almarhum ditempatkan di tempat yang paling indah di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ujarnya.

Dari informasi RSHS, jenazah Dede sudah dibawa ke rumah duka di Cililin dan dimakamkan pukul 11.00 WIB.
(avi/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed