Semua Terminal di Bandung akan Punya Klinik Khusus Sopir Angkot

- detikNews
Senin, 16 Jul 2012 16:30 WIB
Bandung - Tak hanya di Terminal Leuwipanjang, rencananya semua terminal dan subterminal di Kota Bandung akan ada klinik khusus bagi sopir angkot. Dengan cara seperti itu, para sopir angkot tidak akan kesulitan berobat jika sakit.

"Nanti kita bikin jejaring, setiap terminal dan subterminal di Kota Bandung akan ada klinik rujukan untuk sopir angkot," kata Wakil Ketua Yayasan Jasa Pertiwi Aucke Aulia.

Hal itu dikemukakan Aucke saat ditemui usai pencanangan penggunaan ruangan pelayanan kesehatan bagi pengemudi angkutan umum di Terminal Leuwi Panjang, Senin (16/7/2012).

Menurutnya, nominal Rp 500 per hari diyakini tak akan memberatkan para sopir. Namun manfaat yang dirasakan mereka akan sangat besar.

Plt Kadishub Kota Bandung Ubad Bachtiar menambahkan, ke depan diharapkan Yayasan Jasa Pertiwi tak hanya bekerjasama dengan Kobanter Baru agar poliklinik bisa berjalan maksimal.

"Silahkan yayasan ini kerja sama dengan berbagai koperasi angkot," cetusnya.

Bahkan ke depan, ia berharap klinik di setiap terminal tak hanya digunakan sopir angkot. "Nanti mungkin bisa dibahas lebih dalam agar bisa melayani penumpang di terminal juga," tandas Ubad.

Saat ini, klinik yang sudah ada baru di Terminal Leuwi Panjang. Namun belum bisa dipakai karena proses perizinan belum selesai, salah satunya izin dari Dinkes Kota Bandung terkait pelayanan kesehatan.

(ors/ern)