Dituduh Akan Invasi Ukraina, Seberapa Besar Putin Kerahkan Militer Rusia?

BBC Indonesia - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 10:57 WIB
BBC
Moskow -

Rusia telah mengerahkan sekitar 100.000 tentara -- dilengkapi tank dan artileri hingga amunisi dan kekuatan udara ke perbatasan Ukraina, namun menyangkal bahwa mereka merencanakan invasi.

Militer Rusia

Gambar satelit menunjukkan kendaraan militer Rusia di Klimovo. (BBC)

Pasukan bergerak

Sekitar 35.000 tentara Rusia ditempatkan secara permanen di dekat wilayah Ukraina.

Pada Rabu (26/01), Kementerian Pertahanan Rusia merilis gambar unit militer mereka dalam perjalanan ke tempat pelatihan di Rostov, yang dekat dengan perbatasan Ukraina.

Beberapa unit kendaraan militer yang baru tiba telah menempuh perjalanan hampir 4.000 mil (6.437 kilometer), dari wilayah timur Rusia.

Sebagian besar analisis memperkirakan jumlah pasukan Rusia yang dikerahkan di sekitar Ukraina, baik di utara, selatan, dan timur negara itu, mencapai 100.000 personil.

Tetapi satu analisis dari Ukraina, yang juga diberitakan oleh CNN, mengatakan ada 106.000 tentara angkatan darat serta 21.000 personel angkatan laut dan angkatan udara.

Baca juga:

Pada Selasa lalu (25/01), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, "Laporan intelijen sangat jelas bahwa ada 60 kelompok pertempuran di perbatasan Ukraina." Itu setara dengan sepertiga dari total yang ada.

Selain pasukan reguler Rusia, diperkirakan terdapat 15 ribu separatis Rusia di wilayah Luhansk dan Donetsk, Ukraina.

Posisi tentara Rusia di perbatasan dengan Ukraina

BBC

Sejumlah analisis Barat menyatakan tidak jelas apakah Rusia telah menyiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk menginvasi lewat darat. Sebab, belum terlihat rumah sakit lapangan keliling yang berawak penuh di beberapa area.

Kedatangan petugas medis, menurut analisis itu, bisa mengindikasikan bahwa Rusia siap menyerang.

Pemandangan dari satelit

Gambar-gambar satelit telah memberi sejumlah petunjuk tambahan.

Kehadiran tentara terkadang bisa terdeteksi melalui gambar dari tenda-tenda yang mereka dirikan.

Tenda yang ditempati lebih hangat, sehingga mencairkan salju di atap mereka sehingga tampak lebih gelap dari satelit.

Invasi Rusia

BBC

Kendaraan lapis baja dapat dikenali dari bentuknya.

Sedangkan jejak ban atau lumpur menunjukkan bahwa kendaraan itu sedang bergerak.

Invasi Rusia

BBC

Berlatih di Belarusia

Beberapa ribu pasukan Rusia telah diberangkatkan ke Belarus untuk latihan militer bersama yang puncaknya berlangsung antara 10-20 Februari.

Pemimpin Belarusia, Alexander Lukashenko, mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ibukota Ukraina, Kyiv, berjarak kurang lebih 150 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Sejumlah pengamat dari Barat mengatakan latihan yang disebut Allied Resolve itu menjadi kesempatan berlatih dalam misi melawan Ukraina.

Gambar-gambar yang diunggah online menunjukkan bahwa kekuatan militer Rusia, termasuk kendaraan lapis baja, tank dan sistem roket, telah bergerak ke wilayah tersebut.

Rusia juga telah mengumumkan pengerahan pesawat tempur canggih Su-35 ke Belarusia, dilengkapi sistem pertahanan udara, amunisi, dan dukungan medis.

Latihan angkatan laut

Rusia tengah mengadakan latihan angkatan laut di berbagai lokasi di dunia, dari Atlantik ke Pasifik, mulai bulan ini hingga Februari.

Pelatihan itu melibatkan sekitar 140 kapal dan kapal pendukung, 60 pesawat, serta 10.000 personil.

Enam kapal Angkatan Laut Rusia, yang mampu mendaratkan tank tempur utama, personil dan kendaraan lapis baja, telah melewati Selat Inggris dalam perjalanan untuk latihan di Laut Mediterania.

Namun tidak jelas apakah sebenarnya Laut Hitam dan pantai Ukraina menjadi tujuan mereka.

Sejumlah analisis berpendapat pendaratan amfibi oleh pasukan Rusia akan sangat sulit. Pasukan angkatan laut mungkin adalah "tipuan" untuk menarik pasukan darat Ukraina menjauh dari rute serangan darat yang lebih memungkinkan bagi Rusia.

Grafis oleh Sandra Rodriguez Chillida dan Prina Shah

(nvc/nvc)