DetikNews
Senin 08 Januari 2018, 14:43 WIB

Sydney Jadi Kota dengan Suhu Terpanas di Dunia

Australia Plus ABC - detikNews
Sydney Jadi Kota dengan Suhu Terpanas di Dunia
Sydney -

Sydney akan mengalami kembali hari yang panas, dengan mencapai di atas 40 derajat Celcius di sebelah barat, meski tidak akan mencapai suhu tinggi seperti hari Minggu kemarin (7/01/2017). Kemarin, Sydney menjadi kota paling panas di dunia.

Diperkirakan hari Senin (8/01/2017) kota Sydney mencapai 33C dan pada pukul 14:00 waktu Australia Timur, atau 10:00 pagi WIB, suhu udara dua derajat lebih rendah dibandingkan perkiraan.

Di kawasan Richmond, sebelah barat laut kota Sydney, suhu mencapai 41,9 C pada pukul 13:50 waktu setempat.

Pada hari Minggu, suhu 47,3 C tercatat di Penrith menjelang siang, menjadi suhu terpanas yang tercatat di Sydney sejak tahun 1939. Sekaligus juga menjadi kota terpanas di planet Bumi.

Tim kriket Australia dan Inggris terpaksa harus bertanding dengan dengan suhu panas di lapangan di Sydney Cricket Ground, di mana kapten Inggris Joe Root dibawa ke rumah sakit karena mengalami dehidrasi berat.

Perusahaan penyedia listrik, Ausgrid mengatakan sedang menyelidiki "beberapa gangguan aliran" yang terjadi di kota Sydney dan di kawasan Central Coast.

Sekitar 14.000 pelanggan terpengaruh dengan gangguan aliran listrik tersebut.

Video 20Detik: Australia Dilanda Panas Ekstrem

[Gambas:Video 20detik]

Dinas pemadam api NSW Rural Fire Service (RFS) kembali siaga dan larangan menyalakan api tetap berlaku untuk wilayah pusat Sydney dan Hunter.

Petugas tambahan telah siap siaga, karena angin diperkirakan memiliki kecepatan 40 sampai 45 kilometer per jam.

Komisaris RFS Shane Fitzsimmons mengatakan, total larangan menyalakan api mencakup kawasan yang pernah alami kebakaran besar.

"Larangan menyalakan api telah diberlakukan hari ini untuk kawasan Sydney, termasuk Blue Mountains dan Central Coast, juga di wilayah Greater Hunter yang secara efektif dari Newcastle menuju Hunter ke tempat-tempat seperti Scone dan Muswellbrook," kata Shane.

Sebuah peta menunjukkan lokasi gelombang panas di Australia
Kebanyakan wilayah di New South Wales masih alami gelombang panas yang parah. (Foto: Bureau of Meteorology)

Namun, perubahan angin dari selatan diharapkan dapat membuat udara sejuk pada hari Rabu (10/1/2017).

Andrew Haigh dari Badan Meteorologi Australia mengatakan perubahan angin sejuk akan mulai berhembus ke Sydney pada hari Selasa (9/01/2017).

"Jadi Rabu adalah waktu dimana kita berharap bisa lega setelah gelombang panas, [suhu] hanya sekitar 25C di kota dan lebih dari 20an di sebelah barat," katanya.

'Berenang harus berhati-hati'

Dengan banyaknya orang yang berenang agar tidak kepanasan, badan penjaga pantai Surfing Life Saving (NSW) mendesak para pengunjung untuk berhati-hati, setelah adanya beberapa penyelamatan air.

People across Sydney brave the heatwave
Banyak warga di Sydney dan sekitarnya memilih untuk berolahraga saat cuaca panas 2hoursago

Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun dan seorang perempuan berusia 19 tahun mempertaruhkan nyawa mereka saat hendak menyelamatkan seorang pria berusia 19 tahun dari ombak di Tuncurry, kawasan Mid North Coast, New South Wales, Minggu malam (7/01/2017).

Pria tersebut terperangkap ombak bersama dua teman lainnya yang berhasil berenang dengan selamat.

Kedua penjaga pantai lalu bergegas membantu dan membawanya ke daratan, kemudian dibawa ke rumah sakit dalam kondisi stabil.

CEO Surf Life Saving New South Wales, Steve Peace, memperingatkan warga agar berhati-hati di pantai.

"Boleh datang ke pantai, tapi Anda harus mencari lambang yang sudah dikenal, yakni bendera berwarna merah dan kuning," katanya.

"Dan Anda harus berenang di tempat dimana penjaga pantai bisa melihat Anda."

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed