Jurus ASUS Jadi No. 1 Hampir 1 Dekade di Pasar Laptop Indonesia

Jurus ASUS Jadi No. 1 Hampir 1 Dekade di Pasar Laptop Indonesia

Advertorial - detikNews
Minggu, 25 Sep 2022 00:00 WIB
adv_asus
Jakarta - ASUS belum lama ini baru saja meluncurkan ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS). Peluncuran tersebut merupakan salah satu upaya bagi ASUS untuk terus mempertahankan posisi sebagai brand dengan penjualan terlaris di Indonesia.

ASUS Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin mengatakan dalam setiap merancang inovasi pihaknya selalu memperhatikan fungsi dari produk yang akan diciptakan. Sejumlah hal pun diperhatikan mulai dari desain, fitur, hingga performa.

"Di ASUS, kami memiliki begitu banyak lini produk, termasuk PC. Setiap model laptop atau PC desktop kami dirancang untuk audiens target yang berbeda, karena kami menetapkan strategi 360 derajat untuk memenuhi kebutuhan pengguna akhir kami. Jadi meskipun beberapa di antaranya memiliki desain, fitur, atau performa yang serupa, sebenarnya semua produk dirancang untuk digunakan oleh berbagai jenis pengguna, mulai dari pelajar, profesional, hingga kreator," kata Jimmy kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Untuk menghadapi persaingan dengan produk lainnya, sejumlah strategi pun dijalankan mulai dari meluncurkan beragam produk hingga menjaga setiap kualitas produk yang telah diluncurkan.

"Kami ingin menjadi yang pertama dalam segala hal termasuk dalam inovasi itu sebabnya jika Anda mengikuti berita kami, setiap tahun ASUS terus mendobrak batas dengan meluncurkan produk baru dengan teknologi mutakhir. Minggu lalu misalnya, kami baru saja meluncurkan laptop lipat pertama kami secara global," katanya.

Menurutnya kehadiran produk anyar tersebut mampu menjadi angin segar bagi ASUS. Sebab laptop tersebut telah dibalut dengan sejumlah teknologi yang mampu menunjang berbagai kegiatan pengguna.

adv_asus

"Laptop ini (Zenbook 17 Fold OLED) juga akan segera hadir di Indonesia, kami yakin ini akan menjadi tonggak baru kami dalam inovasi tampilan setelah kesuksesan luar biasa kami di ASUS OLED. Dan ini akan memperkuat posisi kami sebagai merek paling inovatif di industri komputer," ujarnya.

ASUS OLED, Layar Terbaik untuk Laptop

Jimmy mengatakan jika dibandingkan dengan kompetitor, ASUS memiliki sejumlah sejumlah keunggulan. Hal itu terlihat pada layar OLED yang membalut produk ASUS.

"Kami juga memiliki layar sentuh intuitif pada laptop model clamshell klasik kami. Fitur semacam ini akan membawa manfaat dibandingkan dengan skenario penggunaan laptop standar biasa. Dan yang tak kalah pentingnya, adalah teknologi layar ASUS OLED yang kami bawa," jelasnya.

Jimmy mengatakan pihaknya terus berupaya untuk menghadirkan teknologi ASUS OLED di setiap segmen laptop yang diproduksi oleh ASUS. Hal itu tidak terlepas dari upaya ASUS untuk membantu para pengguna menjaga kesehatan mata. Pasalnya, era seperti saat ini, mayoritas aktivitas masyarakat dihabiskan di depan layar.

"Kami perlu menyediakan layar ASUS OLED untuk setiap pengguna komputer karena sangat bermanfaat. Mereka mungkin tidak menyadari benefitnya sekarang, selain tampilan terlihat lebih hidup dan cerah. Tetapi untuk jangka panjang, mereka akan merasakan manfaat menggunakan laptop ASUS OLED sebagai penunjang harian mereka dalam aspek kesehatan terutama kesehatan mata, karena OLED ini sangat mengurangi cahaya biru layar yang berbahaya," jelasnya.

Upayanya untuk menggenjot teknologi tersebut ternyata berdampak baik terhadap penjualan produk ASUS. Ia menuturkan pada Q2 2022, ASUS Indonesia mencatatkan pencapaian yang sangat positif.

"Menurut data terakhir yang kami miliki, sampai Q2 2022 kami sudah memasarkan lebih dari 100 ribu unit laptop dengan layar ASUS OLED. Dan 93 persen laptop berlayar OLED yang terjual di pasar Indonesia adalah laptop ASUS OLED," kata Jimmy.

Hasil yang cukup memuaskan tersebut tidak terlepas dari pemahaman konsumen yang saat ini sudah membaik. Jimmy menuturkan, saat ini sudah banyak konsumen yang sadar untuk lebih memiliki laptop dengan kualitas layar yang baik.

"Sebagian besar pelanggan Indonesia saat ini sudah memahami perbedaan kualitas yang signifikan antara layar OLED dibandingkan dengan layar IPS standar dan aspek kesehatan yang ditawarkan layar ASUS OLED untuk penggunaan jangka panjang," jelasnya.

Untuk itu, teknologi ASUS OLED pun Kembali dihadirkan pada ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION yang menjadi laptop spesial di tahun ini. Dan tak hanya sekadar layar OLED, laptop dengan sertifikasi space-grade durability ini merupakan laptop pertama di dunia yang menggunakan layar sentuh OLED 14" dengan resolusi 4K di rasio 16:10.

Sebagai informasi, ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION juga menandai tonggak bersejarah perjalanan laptop seri P6300. Laptop perdana ciptaan ASUS tersebut terbukti berhasil menjalankan misi selama 600 hari di stasiun ruang angkasa MIR, 25 tahun lalu tanpa mengalami masalah sama-sekali.

Kembangkan Laptop untuk Gamer

Di segmen gaming, menurut Jimmy, saat ini mengembangkan laptop untuk kebutuhan para pencinta game menjadi tantangan tersendiri. Sebab para gamer memiliki kebutuhan yang semakin beragam.

"Segmen game adalah segmen yang mengedepankan soal kinerja dan inovasi. Serupa dengan kategori PC konsumen, kami juga menerapkan inovasi khas pada produk game kami. Misalnya, laptop gaming layar ganda," jelasnya.

adv_asus

Menjaga kualitas layar melalui tampilan grafis yang cukup berkelas juga menjadi bagian upaya ASUS untuk memenangkan persaingan laptop gaming.

"Untuk layar, kami juga memiliki teknologi ROG Nebula Display yang mendukung HDR, rasio kontras tinggi, menggunakan panel mini-LED yang membawa lebih banyak manfaat dibandingkan layar IPS standar yang biasa digunakan pada laptop gaming. Dalam hal kualitas visual, latop dengan ROG Nebula Display berada di peringkat tertinggi. Dalam hal kinerja, tidak performanya tak ada duanya," jelas Jimmy.

Demi memenangi persaingan di industri laptop gaming, Jimmy mengatakan pihaknya juga tidak hanya berfokus pada CPU, RAM atau SSD saja. Namun aspek lain pada bagian laptop gaming juga begitu diperhatikan melalui inovasi yang terus diluncurkan.

"Sebagian besar pengguna di luar sana hanya melihat spesifikasi utama produk. Apa model CPU, grafis, jenis RAM dan SSD. Tetapi mereka mungkin lupa mempertimbangkan beberapa aspek penting lainnya dari laptop gaming, yaitu inovasi eksklusif yang dapat mereka temui di laptop kami," jelasnya.

Sebagai contoh, ASUS juga melakukan pengembangan pada sistem pendingin laptop ROG. Mengingat aktivitas bermain game yang kerap dilakukan berjam-jam kerap membuat laptop kehilangan performanya karena panas.

"Laptop gaming kami memiliki inovasi eksklusif pada sistem pendingin dengan pendingin cerdas ROG. Tidak hanya itu, di laptop gaming baru ASUS, kami menghadirkan tampilan paling mengesankan dengan ROG Nebula Display seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya," kata Jimmy.

Siap Merebut Segmen Project dan Tender

Sementara itu untuk segmen business to business (B2B), Jimmy mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah strategi untuk memenangkan segmen tersebut. Sebab segmen B2B dan business to consumer (B2C) memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

"Pelanggan B2C dan B2B sangat berbeda. Di saat sebagian besar pengguna di segmen konsumen lebih tertarik pada teknologi mutakhir dan sangat sensitif terhadap harga, pelanggan B2B lebih bergantung pada keandalan, pengelolaan, dan dukungan," kata Jimmy.

Khusus pelanggan B2B, Jimmy menyebutkan ASUS kerap menawarkan sejumlah program bisnis dan layanan purna jual serta garansi yang lebih sempurna. Hal ini lah yang kerap disukai oleh segmen tersebut.

"Bagi pelanggan korporasi, kami memberikan pilihan program bisnis dan layanan purna jual serta garansi yang lebih luas. Kami juga menjamin siklus hidup produk dan suku cadang mereka lebih lama, dibandingkan dengan produk konsumen. Kami juga memberikan fleksibilitas dalam spesifikasi produk untuk memberikan solusi yang lebih baik, apapun kategori atau segmentasi bisnis mereka," jelas Jimmy.

Meskipun segmen B2B dan B2C memiliki karakter berbeda, ASUS tetap menghadirkan dan selalu memberikan sejumlah inovasi untuk kedua segmen tersebut. Langkah ini merupakan bagian dari strategi ASUS untuk bersaing di segmen B2B.

"Strategi kami tentu kembali ke teknologi dan inovasi kami. ASUS sebagai brand memiliki komitmen tinggi dalam memberikan spesifikasi terbaik kepada pengguna akhir kami sebagai solusi untuk masalah mereka. Jadi strategi kami lebih ke aspek line-up produk, juga kami akan meningkatkan garansi dan paket layanan kami untuk memastikan kami memberikan solusi terbaik untuk bisnis," jelasnya.

"Dalam paket layanan kami kepada pelanggan B2B, ASUS menyediakan layanan seperti layanan garansi hingga 5 tahun, serta jalur VIP call khusus untuk produk komersial ASUS di lebih dari 20 pusat layanan di seluruh Indonesia. Hal ini tentu saja membuat total biaya kepemilikan atau total kepemilikan perangkat jauh lebih efisien, dan kami percaya bahwa ini dapat menjadi kunci untuk mengubah pelanggan B2B beralih ke solusi kami," sambungnya.

Melalui sejumlah strategi tersebut, Jimmy optimistis pihaknya bisa terus mempertahankan posisi pertama sebagai brand yang banyak dicari konsumen Indonesia baik untuk segmen B2B atau B2C.

"Kami bertujuan untuk menjadi Nomor 1 di semua kategori segmen laptop. Jadi tidak hanya di PC consumer dan gaming, kami juga menargetkan untuk menjadi pemimpin pasar yang kuat dalam kategori bisnis komersial," tutupnya.

[Gambas:Video 20detik] (adv/adv)