Nyetir Mobil Saat Hujan? Perhatikan Dulu Hal Ini

Advertorial - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 00:00 WIB
adv
Foto: Shutterstock
Jakarta - Memasuki musim hujan, pengemudi mobil diharapkan lebih berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan. Tak jarang, karena hal sepele yang luput dari perhatian menjadi potensi sebagai faktor penyumbang kecelakaan.

Untuk itu, melansir dari actionservicecentre, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan pada mobil saat musim hujan.

1. Perhatikan Wiper dan Kaca

Mulai yang dari dasar. Kamu perlu memperhatikan elastisitas wiper, karena jika sudah berdecit, artinya kompon wiper kamu sudah keras. Wiper yang lembut jelas mempengaruhi efektivitas dalam mengusir air dari kaca, hal tersebut akan mencegah kaca kamu tergesek hingga menimbulkan goresan yang susah untuk dihilangkan. Kebersihan kaca juga menjadi kunci kamu dapat melihat jelas meski saat hujan deras. Untuk tambahan, bisa juga mengunakan produk produk perawatan kaca mobil, agar terbebas dari jamur, kerak dan air hujan tidak menempel dipermukaan kaca mobil.

2. Cek Lampu, Rem, dan Ban

Komponen-komponen ini jelas penting adanya. Jarak pandang yang berkurang saat hujan jelas membutuhkan lampu yang optimal, termasuk lampu hazard, sein, dan lampu utama. Selain itu, rem juga harus dipastikan berfungsi dengan baik, selalu cek rem kamu sebelum berkendara. Selanjutnya, ban juga harus diperhatikan, karena ban yang aus dapat menimbulkan slip dan tergelincir saat hujan.

3. Jaga Kebersihan Mobil

Usahakan selalu mencuci mobil kamu baik eksterior maupun interior sehabis berkendara di saat hujan, karena air hujan yang menempel dan tidak dibersihkan dapat menimbulkan jamur, serta karat pada mobil. Air hujan yang menempel biasanya juga lebih susah untuk dibersihkan jika didiamkan terlalu lama. Selain eksterior, bagian interior juga tidak kalah penting, terutama bagian karpet mobil. Saat kamu masuk kedalam mobil dalam kondisi hujan, otomatis karpet akan menjadi basah dan kotor, jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan jamur dan bau yang tidak sedap.

4. Service secara teratur

Selalu cek performa mobil kamu, sangat dianjurkan buat kamu untuk service secara teratur di bengkel atau dealer resmi. Dengan service secara teratur, mesin dan komponen kelistrikan mobil dapat terjaga kondisinya,sehinga terhindar dari resiko mogok di tengah banjir dan hujan.

Jika tidak memperhatikan hal-hal tersebut, pastinya ini membuat kondisi mobil kamu sudah tidak prima lagi. Kalau sudah begitu, mobil tidak lagi dapat digunakan dengan aman dan nyaman di segala kondisi, khususnya saat hujan.

Tentunya mobil baru bisa menjadi pilihan jalan keluar dari masalah ini. Bingung mikirin biayanya? Tenang, karena dengan BCA Finance kamu bisa mendapatkan mobil baru dengan mudah.

adv

Foto: dok. BCA

Di bulan Oktober ini, BCA Finance memberikan penurunan suku bunga kredit mobil baru yang semula 3,55% turun menjadi 2,99% dengan tenor selama 3 tahun. Selain itu, untuk tenor 4 tahun suku bunganya juga ikut turun dari 4,11% menjadi 3,77%.

Suku bunga ini berlaku untuk semua jenis mobil baru. Selain penurunan suku bunga, DP / uang muka yang dibutuhkan untuk mendapat bunga tersebut adalah DP 20% sehinga selain bunga ringan, DP juga ringan.

Dengan promo ini, tentunya kamu gak perlu pusing mikirin ganti mobil baru di musim hujan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk langsung aja segera dapatkan mobil idaman kamu bersama BCA Finance. (adv/adv)