Sayangi Bumi, Saatnya Kelola Sampah dengan Pilah Plastik

Advertorial - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 00:00 WIB
adv unilever
Jakarta - Tanggal 5 Juni ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Peringatan ini menyoroti isu perlindungan dan kesehatan lingkungan yang dinilai penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat serta pembangunan ekonomi di seluruh dunia.

Tahun ini, tema yang diusung adalah 'Restorasi Ekosistem' yang berfokus pada pengaturan ulang hubungan manusia dengan alam. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 juga bertepatan dengan peluncuran resmi Dekade Restorasi Ekosistem PBB 2021-2030, yang dimaksudkan untuk mengajak seluruh pihak, mulai dari individu, komunitas, pemerintah, pihak produsen, dan organisasi untuk bersama-sama mendukung gerakan global dalam mencegah, menghentikan, dan merestorasi degradasi ekosistem demi masa depan yang berkelanjutan.

Lingkungan hidup memang menjadi isu penting yang sudah jadi perhatian sejak lama. Terlebih soal sampah yang jumlahnya kian meningkat setiap tahun. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada tahun 2020 total produksi sampah nasional telah mencapai 67,8 juta ton. Angka ini naik dibandingkan produksi sampah di tahun 2018 sebanyak 64 juta ton. Apabila tidak segera diatasi, timbunan sampah tersebut dapat mencemari lingkungan serta mengganggu ekosistem di daratan maupun di lautan.

Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan mulai mengelola sampah, khususnya sampah kemasan plastik dari rumah. Buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya, bisa ikutan webinar bertajuk "Mendorong Peran Aktif Masyarakat untuk Merestorasi Ekosistem Melalui #GenerasiPilahPlastik" yang digelar Unilever Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk mengajak kamu serta masyarakat lainnya agar mau lebih peduli terhadap lingkungan dengan cara ikut andil dalam memilah sampah dari rumah dan membawanya ke bank sampah terdekat. Dengan begitu kemasan plastik bisa diolah menjadi komoditi yang berguna.

Diketahui, Unilever Indonesia sudah melakukan sederet upaya dalam menanggulangi permasalahan sampah di Indonesia sejak lama, baik melalui inovasinya maupun melalui kemitraan dengan berbagai pihak mulai dari pemerintah, NGO, retailers dan juga komunitas di masyarakat. Hal ini sejalan dengan strategi Unilever secara global 'The Unilever Compass' dimana salah satu tujuan keberadaan bisnis Unilever selain untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, tetapi juga turut menjaga dan melindungi alam. Utamanya terkait pengelolaan sampah plastik yang menjadi persoalan serius di Tanah Air. Perusahaan yang bergerak di industri consumer goods itu bahkan sudah menerapkan road map pengelolaan sampah plastik pada seluruh rantai bisnis, mulai dari hulu yakni inovasi desain kemasan yang ramah lingkungan sampai ke hilir melalui upaya daur ulang sampah plastik agar memiliki nilai ekonomi. Adapun total sampah yang berhasil dikelola Unilever Indonesia sepanjang tahun 2020 mencapai lebih dari 16.300 ton sampah plastik.

Webinar "Mendorong Peran Aktif Masyarakat untuk Merestorasi Ekosistem Melalui #GenerasiPilahPlastik" nantinya menghadirkan Dimas Djayadiningrat, seorang sutradara yang merupakan pegiat pilah sampah sebagai salah satu narasumber untuk berbagi aksinya untuk lingkungan yang lebih bersih, mulai dari rumah. Ada pula Agung Pujo Winarko, Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs and Sustainability PT Unilever Indonesia, Tbk. yang akan memaparkan lebih jauh terkait komitmen Unilever Indonesia untuk mengurai permasalahan sampah plastik dan gerakan #GenerasiPilahPlastik yang akan segera diluncurkan.

Acara tersebut akan disiarkan secara live melalui detikcom pada Selasa, 15 Juni 2021 mendatang, pukul 14.00-15.30 WIB. Selain mendapatkan insight yang bermanfaat, kamu pun berkesempatan untuk mengikuti kompetisi digital dengan berbagai hadiah menarik!

Jadi buat kamu yang penasaran cara mengelola sampah dari rumah, yuk dicatat tanggalnya. Jangan sampai ketinggalan acaranya!

(adv/adv)