ADVERTISEMENT

6 Tahun Berdiri, Ini Torehan Ruangguru ke Pendidikan Indonesia

Advertorial - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 00:00 WIB
adv ruang guru
Foto: Dok. Ruangguru
Jakarta -

Ruangguru memperingati 6 tahun berkontribusi untuk memajukan pendidikan Indonesia pada 16 Juli 2020 lalu. Pendiri dan CEO Ruangguru Belva Devara mengatakan saat mendirikan Ruangguru 6 tahun yang lalu, pihaknya bermimpi untuk bisa memberikan akses layanan pendidikan dengan lebih mudah, murah, dan berkualitas melalui sarana teknologi.

"Ketika mendirikan Ruangguru 6 tahun yang lalu kami bermimpi untuk bisa memberikan akses layanan pendidikan yang lebih mudah, murah, dan berkualitas melalui teknologi. Hari ini, kami bersyukur bahwa
cita-cita tersebut sudah mulai menunjukkan hasil. Kami bersyukur dan berterima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan. Hal tersebut jadi bahan bakar bagi kami untuk terus bekerja keras dan berinovasi," ujar Pendiri dan CEO Ruangguru, Belva Devara dalam keterangan tertulis.

Sepanjang 6 tahun perjalanannya, Ruangguru mencatatkan sejumlah pencapaian signifikan untuk memperluas akses terhadap materi belajar berkualitas di Indonesia melalui teknologi di mana pun dan kapan pun. Berikut adalah beberapa capaian yang telah diraih oleh Ruangguru dalam perjalanannya.

Peningkatan Jumlah Pengguna Sejak Diluncurkan

adv ruang guruFoto: Dok. Ruangguru

Pengguna aplikasi Ruangguru pun meningkat hingga 17 juta orang dan 70% di antaranya merupakan pelajar yang baru pertama kali belajar di luar sekolah dari keluarga menengah ke bawah tersebar di 514 Kabupaten/Kota dan 34 Provinsi. Ruangguru juga turut membantu lebih dari 1,5 juta mahasiswa dan para pekerja untuk meningkatkan keterampilan dan kompetisi melalui produk Skill Academy.

Tidak hanya jumlah pengguna yang meningkat, melainkan efektivitas produk, layanan, dan fitur yang telah diluncurkan juga turut mewujudkan hasil belajar semakin maksimal. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pengguna aplikasi Ruangguru yang meningkat sebanyak 21 poin. Khusus pengguna kelas 12 SMA, mereka berkesempatan 4 kali lebih besar untuk diterima di perguruan tinggi.

Selain itu, melalui kerja sama dengan sejumlah mitra, Yayasan Ruangguru telah memberikan pelatihan guru gratis secara online dan offline kepada lebih dari 15.000 guru di 29 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Yayasan Ruangguru juga memberi berbagai program beasiswa untuk puluhan ribu siswa yang kurang mampu di sejumlah daerah terpencil di Indonesia hingga lulus kuliah.

Masuki Pandemi COVID-19, Ruangguru Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

adv ruang guruFoto: Dok. Ruangguru

Ketika Indonesia memasuki masa pandemi COVID-19, seluruh elemen pendidikan Indonesia menghadapi tantangan di mana proses pembelajaran tidak bisa lagi dilakukan di sekolah, melainkan dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk itu, Ruangguru pada tanggal 14 Maret 2020 membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis.

Melalui layanan ini, para siswa bisa belajar pada 15 kanal yang mencakup seluruh mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional. Pada 16 Maret 2020 atau dua hari berselang, Ruangguru mengumumkan bahwa lebih dari 1 juta pelajar telah memanfaatkan fasilitas ini. Kemudian pada 27 April, Sekolah Online Ruangguru disiarkan pada program salah satu televisi nasional untuk menjangkau lebih banyak siswa di daerah Indonesia.

Tidak hanya untuk siswa, Ruangguru juga mengeluarkan Pelatihan Guru Online melalui program yang tersedia di aplikasi Ruangguru secara gratis selama 1 bulan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengajar selama pandemi. Di dalamnya tersedia 250 video dan modul pelatihan guru mencakup materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional seperti kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

Ruangguru juga bekerja sama dengan 5 operator internet dan telekomunikasi Indonesia, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, by.U, dan Smartfren untuk memberikan paket bebas kuota sehingga pelajar bisa mengakses fasilitas di Ruangguru dengan lebih mudah dan terjangkau.

Pada 23 Maret 2020, Skill Academy by Ruangguru membuka kelas pelatihan online gratis selama 14 hari untuk membantu lebih banyak masyarakat mendapat akses terhadap materi pelatihan yang berkualitas selama masa pandemi. Pengguna dapat mengakses kelas pilihannya secara gratis dengan berbagai topik seperti pengembangan diri, desain, marketing, serta teknologi & software dengan diajarkan langsung oleh pakar-pakar terbaik di industri serta mendapatkan sertifikat kelulusan setelah pelatihan selesai.

Ruangguru juga menghadirkan Tryout Akbar Sekolah Online secara gratis untuk kelas 1 SD sampai 12 SMA pada 29 Maret-12 April 2020 lalu untuk meningkatkan performa dan menilai kemampuan belajar selama PJJ berlangsung dengan materi tryout yang mencakup Persiapan Akhir Semester (PAS) untuk jenjang IPA dan IPS, serta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) program Sosial Humaniora serta Sains & Teknologi.

Hadapi New Normal, Brain Academy Online Diluncurkan

adv ruang guruFoto: Dok. Ruangguru

Guna meningkatkan efektifitas proses belajar di rumah selama masa new normal, Ruangguru meluncurkan Brain Academy Online untuk mempermudah interaksi antara siswa dan guru melalui metode live teaching dan diskusi secara daring. Melalui fasilitas ini, para siswa bisa langsung berkomunikasi dengan Master Teachers, para pengajar dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia.

Pada fasilitas Brain Academy Online, terdapat 4 fitur yang ditawarkan. Salah satunya adalah Klinik PR Intensif yang dijadwalkan 1 kali seminggu dalam bentuk diskusi daring (video conference call) untuk membahas Pekerjaan Rumah (PR) dan soal-soal persiapan ujian bersama Star Master Teachers melalui aplikasi Zoom.

Selain itu, ada juga Kelas Live teaching Interaktif di mana siswa akan dibawa masuk dalam situasi webinar untuk menyaksikan Star Master Teacher membahas materi ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan mata pelajaran sekolah seperti Matematika, Ekonomi, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, dan lain-lain melalui aplikasi Zoom. Kelas Live Teaching Interaktif dilangsungkan 3-6 kali seminggu selama masing-masing 90 menit.

Ada juga Konsultasi Pendidikan Langsung yang bisa dimanfaatkan para siswa untuk berdiskusi terkait strategi belajar, pemilihan jurusan, dan topik-topik penunjang lainnya bersama Master Teachers Guru Wali dan Konselor Pendidikan Brain Academy melalui aplikasi Zoom.

Terakhir, ada Kelas Motivatif Penunjang Belajar di mana selama 120 menit siswa akan mendapatkan materi guna mengasah keterampilan dan soft skills seperti cara berbicara di depan umum dan membuat konten kreatif yang menarik dari para fasilitator dengan metode live teaching melalui aplikasi Zoom.

Para pelajar Indonesia bisa memanfaatkan fasilitas Brain Academy Online dengan mendaftarkan diri melalui laman brainacademy.id/online dengan berbagai paket pilihan per tahun mulai dari harga Rp 2,3 juta - Rp 3,9 juta.

Sambut Tahun Ajaran Baru, Ruangguru Luncurkan ruangkelas

adv ruang guruFoto: Dok. Ruangguru

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru dengan mengutamakan pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi, Ruangguru meluncurkan ruangkelas gratis agar para siswa dan guru bisa melakukan proses pembelajaran, diskusi, penilaian hasil belajar dan lainnya secara online oleh guru melalui laman www.kelas.ruangguru.com dan oleh siswa melalui aplikasi Ruangguru.

Di dalamnya, terdapat 3 fitur utama yang bisa dimanfaatkan guru dan siswa, salah satunya adalah Classroom yang memungkinkan guru dapat membuat kelas sesuai kebutuhan seperti menentukan jangka waktu pengerjaan tugas dan materi belajar, mengundang siswa dan guru lainnya untuk menjadi anggota kelas, serta menggunakan fasilitas chat group untuk melancarkan komunikasi.

Ada pula fitur Tugas yang dapat dimanfaatkan guru untuk memberikan latihan soal berupa pilihan ganda atau esai. Guru juga bisa menentukan batas waktu pengumpulan tugas serta mengklarifikasi pertanyaan dari siswa melalui kolom komentar. Selain itu ada juga fitur Materi Belajar agar guru bisa memberikan materi belajar berupa video dan rangkuman belajar dari ruangbelajar ataupun materi yang dibuat sendiri oleh guru dan kemudian diunggah sebagai berkas atau melampirkan tautan.

Puncak Perayaan Ruangguru 6 Tahun

adv ruang guruFoto: Dok. Ruangguru

Untuk memeriahkan semarak perayaan 6 tahun, Ruangguru menggelar puncak perayaan Ruangguru 6 Tahun dengan mengusung tema #HidupkanMimpimu pada 16 Juli 2020 pukul 18.30-20.30 disiarkan langsung di 9 stasiun televisi nasional. Acara ini dipandu oleh Andhika Pratama, Sheila Dara dan Ruben Donny serta dimeriahkan oleh penampilan Anneth, Judika, Lyodra, Misellia, Naura & Nola, Saykoji, Putri Ariani, dan Tiara.

Ruangguru juga menayangkan sejumlah rangkaian program lainnya seperti Ruangguru Live 12 Jam Menuju Ruangguru 6 Tahun di YouTube Masthead pada Minggu, 12 Juli 2020. Bertepatan dengan ini, Ruangguru Festival juga disiarkan pada pukul 19.30 - 20.30 di 11 stasiun televisi nasional.

"Kami percaya bahwa perjalanan kami masih panjang, dan kami akan terus berbenah, berinovasi, memberikan yang terbaik agar cita-cita kami untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh anak di Indonesia bisa tercapai," ucap Pendiri dan Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru, Iman Usman.

(adv/adv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT