detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 00:00 WIB

Wisata ke Makassar, Jangan Cuma ke Pantai Losari

Jasa Raharja - detikNews
Wisata ke Makassar, Jangan Cuma ke Pantai Losari Masjid Kubah 99 di Pantai Losari Makassar (Dok. detikcom)
Jakarta -

Melancong ke Makassar, Pantai Losari bisa jadi merupakan tempat paling banyak terlintas dalam pikiran untuk dikunjungi. Tak heran, ikon Makassar memang jadi ruang publik favorit warga menghabiskan waktu. Apalagi saat ini sudah terbangun masjid terapung atau yang lebih dikenal dengan Masjid 99 Kubah.

Berwisata kuliner, Makassar adalah surganya. Beragam kafe berjejeran di sekitar Pantai Losari, bisa jadi pilihan saat rasa lapar datang. Menu yang terkenal seperti songkolo, sejenis ketan yang ditaburi kelapa parut yang disangrai. Selain itu, menikmati Coto Makassar di tempat asalnya, tentu bisa jauh lebih nikmat.

Namun, Makassar tak hanya memiliki Pantai Losari. Ada lusinan destinasi menarik di jantung kota maupun di kawasan sekitar ibu kota Sulawesi Selatan ini. Dari Pantai Losari, wisatawan bisa menerawang sejarah dengan menyambangi destinasi bersejarah: Benteng Rotterdam.

Benteng ini dibangun sekitar tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi Kallona. Kondisinya masih terawat dengan sangat baik. Dinding-dinding tebalnya membuat siapapun yang berkunjung seolah ditarik ke masa lalu.

Benteng ini kemudian diambil alih VOC yang kemudian dialihfungsikan sebagai pusat pemerintah dan tempat penampungan hasil rempah-rempah yang didatangkan dari Maluku. Di Fort Rotterdam, ada ruang tahanan, salah satunya dipakai untuk menahan Pangeran Diponegoro. Jangan lewatkan pula Meseum La Galigo di dalam benteng yang menyimpan lebih dari 5.000 koleksi.

Kabar baiknya bagi yang ingin melancong ke Makassar, Yamaha bakal menghadirkan acara besar di Makassar lewat Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2019. BYMS merupakan event terbesar Yamaha yang digelar pada 31 Agustus - 1 September 2019. Sementara, penampilan penyanyi Andmesh jadi salah satu hiburan paling ditunggu di gelaran BYMS Makassar ini.

Wisata ke Makassar, Jangan Cuma ke Pantai LosariBYMS 2019 Makassar (Dok. Yamaha)

Makassar sekaligus jadi kota terakhir kemeriahan BMYS. Ada banyak acara selama dua hari penuh seperti sunatan massal hingga donasi buku. Kemudian ada banyak hiburan untuk liburan keluarga antara lain zumba party, community challenge, karnaval kostum, permainan pasar malam, arena bermain anak, lomba mewarnai, pesta es krim, pesta kuliner, jalan sehat berhadiah, doorprize, dan beragam acara menarik lainnya secara gratis.

Menariknya lagi, pengunjung juga bisa menjajal Yamaha Lexi dan Yamaha Freego di lokasi. Bahkan, Yamaha juga memberikan harga promo memiliki dua motor unggulan Yamaha tersebut selama acara. Selain itu, para pengunjung dapat menikmati layanan servis gratis untuk semua merek motor.

BYMS 2019 adalah saat yang tepat bagi warga Makassar dan sekitarnya yang ingin melakukan pembelian apparel dan spare part resmi Yamaha, karena ada banyak diskon, layanan gratis, serta serta berlimpah hadiah menarik selama gelaran BYMS di Makassar.

Jadi, tunggu apa lagi? Datanglah nikmati keseruan acara BYMS 2019 bersama keluarga atau orang-orang terdekat.


(/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com