Sempat Disangka Sesat, Kini Zein Punya Ratusan Santri

Daarul Qur'an - detikNews
Rabu, 06 Jun 2018 00:00 WIB
Zaenal Aripin saat mengajar santri di MD At Taqwa, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto: Daarul Quran.
Jakarta -

Mengabdi sejak kelas II Sekolah Menegah Kejuruan, Zaenal Aripin (30) tetap ikhlas menjalani pekerjaannya sebagai guru mengaji meski rintangan sempat menderanya. Zein begitu ia disapa, sempat dituduh mengajarkan aliran sesat sehingga ditinggal oleh para santrinya.

Namun ia mengaku, seiring berjalannya waktu para warga di sekitar tempatnya mengajar mulai percaya kepadanya. Bahkan santri di tempatnya mengajar kini telah mencapai lebih dari 100 orang. Dia meyakini bahwa apa yang digelutinya saat ini merupakan bekal di akhirat nanti.

"Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu warga di sini mempercayakan anak-anaknya untuk saya bimbing. Buat saya ini adalah investasi akhirat," ucap Zein.

Zein mengaku sudah hampir 15 tahun mengabdikan diri untuk Madrasah Diniyah (MD) At Taqwa di Jalan Siliwangi, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dia merintis MD At Taqwa setelah ayahnya mewakafkan tanah untuk dibuat masjid atau musala.

Sempat Disangka Sesat, Kini Zein Punya Ratusan SantriZaenal Aripin atau Zein sudah mengabdi selama 15 tahun dalam mengajarkan Alquran kepada para santri. Foto: Daarul Quran.

Selain sempat mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan, Zein memiliki tantangan lain dalam mengajar mengaji. Kondisi madrasah yang menjadi tempatnya mengajar telah lapuk dimakan usia. Namun hal itu tak menyurutkan langkahnya menebar dakwah Islam.

Kecamatan Baleendah memang dikenal sering banjir. MD At Taqwa salah satu tempat ibadah yang selalu tenggelam akibat meluapnya Sungai Citarum. Alhasil plafon-plafon rusak dan tembok-tembok pun perlahan terkikis habis.

Meskipun begitu, Zein tetap istiqomah. Niatnya hanya satu, menebar manfaat untuk masyarakat Baleendah khususnya anak-anak generasi muda agar bertakwa kepada Allah dengan memahami dan menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup.

Sempat Disangka Sesat, Kini Zein Punya Ratusan SantriKondisi MD At Taqwa tempat Zein mengajar setelah mendapatkan bantuan renovasi dari para donatur. Foto: Daarul Quran.

Dengan jumlah santri yang mencapai ratusan, Madrasah yang sebelumnya lapuk dimakan usia dan terendam banjir kini sudah berdiri kokoh di perkampungan Baleendah. Itu setelah sejumlah donatur memberikan bantuan untuk renovasi.

Zein adalah salah satu dari ribuan guru Quran yang menginspirasi. Perjuangan dakwahnya patut diapresiasi sebab ia telah melahirkan begitu banyak generasi-generasi rabbani. Ia juga mendapatkan penghargaan Berbagi Senyum Lebaran atas dedikasinya.

Berbagi Senyum Lebaran merupakan salah satu penghargaan dari PPPA Daarul Qur'an untuk Zein dan ribuan pejuang dakwah Qur'an di pelosok-pelosok negeri. Untuk mendukung semangat Zein dan ribuan guru mengaji lainnya, ayo berbagi kebahagiaan dengan para guru Quran melalui sedekahonline.com.

(adv/adv)