detikcom
Selasa, 21/05/2013 06:11 WIB

Tornado di Oklahoma Tergolong Sangat Kuat, Bisa Menyapu Bangunan Permanen

Fajar Pratama - detikNews
Reuters
Oklahoma, - Tornado besar menerjang kawasan Moore, Oklahoma, Amerika Serikat pada Senin waktu setempat. Berdasarkan pencatatan sementara, angin ini memiliki kekuatan yang cukup besar.

"Kami yakin angin itu ada di level EF4," ujar Keli Pirtle, Jubir Badan Cuaca Nasional seperti dilansir Reuters, Selasa (21/5/2013).

Dalam skala Fujita, level EF4 merupakan level tertinggi nomor dua, untuk sebuah angin Tornado. Level EF5 adalah yang tertinggi.

Menurut catatan yang ada, tornado dengan level EF4 bisa menyapu bangunan baik itu yang terdiri dari batu, semen maupun kayu. Level tornado berdasarkan pengamatan final baru bisa keluar hasilnya setelah seluruh proses pemantauan selesai.

Angin tornado berkekuatan besar melanda wilayah Moore, Oklahoma. Berdasarkan tayangan televisi lokal setempat seperti dilansir, angin berbentuk kerucut tersebut berputar-putar di sebelah barat daya kota. Lalu angin berwarna cokelat kehitaman itu bergerak menuju ke pusat kota Oklahoma.

Putaran tornado ini sempat melewati wilayah pemukiman dan sekolah. Kondisi wilayah yang dilewati pusaran angin ini, terlihat porak poranda.

Pada hari Minggu kemarin di sebelah tenggara Oklahoma City, juga terjadi tornado serupa. Dua orang meninggal akibat kejadian tersebut.

Sedangkan pada tornado Senin waktu setempat ini, melintasi wilayah pemukiman yang lebih padat daripada wilayah yang dilewati pada hari Minggu. Belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(fjp/fjp)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
71%
Kontra
29%