detikcom
Selasa, 30/04/2013 14:01 WIB

SBY-Boediono akan Naik Tank Amfibi Saat Saksikan Latgab TNI di Situbondo

Zainal Effendi - detikNews
Foto: Zaenal Effendi/detikcom
Surabaya - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Wakil Presiden Boediono akan menyaksikan latihan gabungan (latgab) TNI di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Tank amfibi telah disiapkan untuk RI 1 dan RI 2 untuk pendaratan di pesisir Asembagus.

Dari Surabaya, SBY dijadwalkan menuju ke Situbondo dengan menumpang KRI Makassar. Sedangkan Boediono menumpang KRI Surabaya. Rombongan bertolak ke Situbondo pada tanggal 2 Mei setelah menghadiri rangkaian acara di Surabaya.

Di Makoarmatim TNI AL, Ujung, Surabaya, Selasa (30/4/2013), tank amfibi yang akan ditumpangi SBY dan Boediono sudah disterilkan. Bagian interior dibenahi.

Ada yang sedikit mencolok di dalam tank jenis LVT 7 A1 itu. Lantai kabin tank telah dilapisi karpet berwarna biru. Di bagian depan dua tank itu, telah dipasang pelat merah bertuliskan Indonesia 1 dan Indonesia 2.

Kendaraan tempur yang nantinya akan ditumpangi SBY maupun Boediono merupakan tank amfibi buatan Amerika Serikat tahun 1984 yang mampu berjalan 72 Km/jam di jalan biasa (jalan darat beraspal) di air 13 Km/jam. Dengan mesin Cummins VT 400 yang mempunyai 4 percepatan semi otomatis.

Data dari Dinas Penerangan Koarmatim TNI AL, latihan gabungan yang akan disaksikan SBY-Boediono tersebut diikuti 16.745 prajurit TNI AD, TNI AU dan TNI AL.

Dalam latgab kali ini, TNI AD mengerahkan 14 tank scorpio, 5 tank stormer APC, 13 tank AMX, 21 Meriam, 12 Helikopter Mi-17. TNI AL mengerahkan 36 kapal perang (KRI) berbagai jenis, 2 unit roket Multilaras RM 70 Grad, 2 ribu prajurit Marinir.

TNI AU akan melibatkan 5 pesawat Sukhoi SU 27/30, 5 pesawat Hawk SPO, 5 pesawat F16 serta 4 heli EC-120 Colibri. Latgab akan dilaksanakan di Laut Jawa dan Bima NTB serta Sangata Kalimantan Timur pada 4-29 Mei 2013.

(gik/try)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
35%
Kontra
65%