DetikNews
2016/11/05 09:22:21 WIB

Siapa Aktor Politik yang Tunggangi Demo Damai Berujung Rusuh 4 November?

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Halaman 2 dari 3
Siapa Aktor Politik yang Tunggangi Demo Damai Berujung Rusuh 4 November? Foto: Ilustrasi: Zaky Alfarabi
Aksi bakar banFoto: Danu Damarjati/detikcom
Aksi bakar ban

Para pedemo lalu menunjukkan ketidakpuasannya karena belum ditemui Presiden Jokowi. Massa beratribut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pun melakukan aksi bakar ban.

Akhirnya Wakil Presiden Jusuf Kalla pun bersedia menemui mereka karena Jokowi yang sedang meninjau pembangunan proyek kereta bandara. Perwakilan demonstran masuk ke kantor Wakil Presiden sekitar pukul 17.45 WIB.

Pertemuan selesai pukul 18.20 WIB. JK kemudian menegaskan bahwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kan diproses hukum atas pernyataannya dalam 2 pekan ke depan.

"Kesimpulannya adalah soal saudara Ahok, kita akan tegakkan hukum, laksanakan dengan hukum yang tegas dan diselesaikan dalam dua minggu," kata JK. "Sehingga semua berjalan sesuai aturan hukum yang tegas," lanjut dia.

(Baca juga: Janji Percepat Kasus Ahok, Kapolri Minta Diawasi Komisi III DPR)

Entah kenapa setelah itu massa semakin rusuh. Massa beratribut HMI terlibat aksi dorong-dorongan di Jl Medan Merdeka Barat. Sementara itu massa Front Pembela Islam (FPI) melindungi barisan polisi dari massa HMI.
FPI bentengi polisiFoto: Hasan Al Habshy
FPI bentengi polisi

Massa yang rusuh semakin banyak, massa FPI yang melindungi polisi pun memilih untuk menghindar. Polisi tetap mempertahankan barisannya dengan perisai, namun tanpa senjata.

Sebelumnya para ulama telah sepakat bahwa demonstrasi harus berakhir pukul 18.00 WIB. Polisi juga sudah sesuai prosedur untuk meminta demonstran pulang, tetapi tak diindahkan oleh sebagian pedemo.

(Baca juga: Penjelasan Ketum PB HMI Soal Ricuh di Depan Istana Negara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed