DetikNews
Jumat 08 Agustus 2014, 15:00 WIB

Bikin Malu! Vandalisme Traveler Indonesia di Gunung Fuji Disorot Media Jepang

- detikNews
Bikin Malu! Vandalisme Traveler Indonesia di Gunung Fuji Disorot Media Jepang
Jakarta - Berita ini bikin malu traveler Indonesia. Bukan tanpa alasan, sebab ada aksi vandalisme berupa coretan grafiti bertuliskan 'Indonesia' di bebatuan besar di Gunung Fuji, tempat yang disucikan oleh masyarakat Jepang.

Aksi vandalisme itu berupa cat semprot bertuliskan 'Cla-X Indonesia' pada sebuah batu di samping trek pendakian di Gunung Fuji yang merupakan situs warisan dunia. Sontak hal itu menghiasi pemberitaan berbagai media di Jepang seperti dalam pantauan detikTravel, Jumat (8/8/2014).

Situs harian media berita Jepang, Shizuoka Shimbun melansir berita tersebut pada Kamis (7/8) kemarin pukul 08.09 waktu setempat. 'Grafitti, Serangan Kesucian Untuk Mendaki Gunung Fuji' demikian judul menohok dari mereka

Dikabarkan, Badan Urusan Kebudayaan Jepang langsung turun tangan untuk mengambil langkah terhadap coretan-coretan di Gunung Fuji tersebut. Aksi vandalisme ini sangat disayangkan, mengingat gunung dengan ketinggian 3.776 mdpl ini adalah tempat yang disucikan dan disakralkan oleh masyarakat Jepang.

Sedangkan Saga Shimbun menulis, 'Masih Ada Lagi Grafitti di Gunung Fuji'. Saga menyoroti bahwa grafitti ini ada di beberapa tempat yang berbeda.

Sankei Shimbun juga menyoroti masalah yang sama. 'Jalur Gunung Fuji Disemprot Grafitti Merah Bertuliskan 'Indonesia', itulah judul mereka. Coretan grafiti ditemukan sepanjang jalur pendakian Gunung Fuji dari ketinggian 3.500 mdpl sampai 3.600 mdpl.

"Kami menyeselkan perbuatan ini, Gunung Fuji adalah tempat yang disucikan, dihargai," ujar perwakilan dari staf pengelola Gunung Fuji seperti dalam harian media berita Jepang lainnya, Sankei Shimbun.


(fay/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed