KPU Butuh Waktu 3 Hari Verifikasi Laporan Dana Kampanye Parpol

- detikNews
Minggu, 02 Mar 2014 23:05 WIB
Jakarta - Waktu bagi parpol untuk melaporkan dana kampanye tahap kedua sudah usai. Langkah selanjutnya, setelah menerima laporan parpol, KPU akan melakukan verfikasi.

"Tanggal 3 Maret sampai 5 Maret akan kita verifikasi laporan yang sudah disampaikan parpol," ujar Komisioner KPU Ida Budhiati saat jumpa pers usai pelaporan awal dana kampanye parpol di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Minggu (2/3/2014).

Ida menjelaskan, KPU akan mengumumkan hasil verifikasi kepada publik. Namun Ida masih belum mau memberitahukan waktu pengumuman itu.

"Untuk parpol yang masih belum lengkap administrasinya diberikan waktu lima hari untuk melengkapi setelah KPU memberitahukan hasil verifikasi," jelasnya.

Ida menuturkan dalam melakukan verifikasi, KPU akan melihat dari sisi administrasinya. Pertama apakah laporan awal dana kampanye parpol pada formatnya sudah sesuai dengan formulir yang ditetapkan oleh KPU.

"Kedua, kelengkapan cakupan informasinya. Untuk laporan awal dana kampanye, apakah partai politik peserta pemilu sudah menjelaskan dari mana saldo awalnya," terang Ida.

Kemudian yang ketiga, mengenai penerimaan dan pengeluaran dana kampanye. "Kalau ada yang melaporkan penerimaan, tapi tidak dijelaskan, maka kami beri kesempatan untuk memperbaiki," ujarnya.

Selain Ida, terdapat 5 anggota Komisioner KPU dalam konpers yang diadakan KPU usai pelaporan awal dana kampanye parpol. 5 Anggota komisioner KPU tersebut ialah Hadar Navis Gumay, Ferri Kurnia Rizkyansyah, Ida Budhiarti, Arif Budiman, Juri Ardiantoro, Sigit Pamungkas, dan Kepala Biro Hukum KPU Nur Syarifah.



(tfn/trq)