Menkum HAM: Dirjen PAS Baru Harus Menerapkan Janjinya Sendiri

- detikNews
Sabtu, 28 Sep 2013 13:37 WIB
Solo - Menkumham, Amir Syamsudin yakin panitia seleksi (Pansel) akan bekerja maksimal dan memilih orang yang paling pas untuk menjabat Dirjen Pemasyarakatan (Dirjen PAS). Selanjutnya pejabat tersebut akan diuji langsung olehnya untuk bekerja di lapangan sesuai dengan janji yang pernah disampaikan sendiri oleh pejabat itu ketika mengikuti tes seleksi.

"Kita semua tahu Pansel yang dibentuk adalah dari orang-orang kredibel dan profesional. Saya yakin Pansel akan mampu memilih orang yang paling pas dan paling tepat menjabat sebagai Dirjen PAS," ujar Amir Syamsudin kepada wartawan di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta," Sabtu (28/9/2013).

Selanjutnya, Amir mengatakan, siapapun nantinya yang menjabat Dirjen PAS harus mampu melaksanakan program-program kerja sesuai yang disampaikannya di hadapan Pansel. Karena itulah nantinya, Amir akan terlebih dahulu bertemu langsung dengan kandidat yang diusulkan Pansel, sebelum dipilih untuk memangku jabatan.

"Sebelumnya nanti saya akan bertemu langsung dengan kandidat yang dipilih. Saya akan mendalami visi dan misinya serta mendengar langsung dari yang bersangkutan mengenai program yang akan dilakukan. Selanjutnya dia harus menjalankan programnya itu sendiri jika terpilih. Saya tidak akan mengarah-arahkan, daripada nanti dikira menggurui," lanjutnya.

Seperti diketahui, Pansel kandidat Dirjen PAS telah melakukan uji kelayakan terhadap 10 kandidat yaitu Adrianus Meliala, Ambeg Paramaarta, Muhammad Ghazalie, Rusdianto, F Haru Tamtomo, Yon Suharyono, dan Handoyo Sudrajat, Makmun, Gunarso, dan I Wayan Sukerta. Sedangkan Pansel terdiri dari Imam Prasojo, Saldi Isra, Abdullah Hehamahua, Komaruddin Hidayat, Agus Sukiswo, Harkristuti Harkrisnowo dan Bambang Rantam Sariwanto.

Para kandidat itu diuji mengenai kapasitas, kemampuan manajerial serta integritasnya. Pansel nantinya akan memilih 3 nama kandidat yang akan disampaikan ke Menkumham.


(mbr/ndr)