Keluarga: Habib Munzir Sering Mengeluh Punya Asma

- detikNews
Senin, 16 Sep 2013 00:41 WIB
dok. Majelis Rasulullah
Jakarta - Pimpinan Majelis Rasulullah Habib Munzir Al Musawa telah berpulang ke sisi Yang Maha Kuasa. Penyebab meninggalnya diduga karena asma yang telah diderita sejak lama.

"Keadaannya pagi tadi masih sehat, masih bercanda dengan keluarga. Kira-kira siang, dia masuk ke kamar sampai sore. KIta ketuk pintunya tapi tak ada jawaban," kata Habib Nabil Al Musawa, kakak Habib Munzir, di rumah duka, Kompleks Liga Mas, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2013) malam.

Keluarga pun menerobos masuk dan tidak menemukan sosok Habib Munzir. Keluarga lalu memeriksa kamar mandi dan menemukan Habib Munzir sudah pingsan.

"Ternyata pingsan di kamar mandi. Kita periksa nafas dan denyut nadinya sudah tidak ada, lalu dibawa ke rumah sakit. Sempat diupayakan pertolongan, sampai pukul 15.30 WIB dokter menyatakan sudah tidak ada lagi tanda vital," ujar Habib Nabil dengan mata berkaca-kaca.

Menurut Habib Nabil, adiknya menderita asma sejak kecil dan belakangan ini sering mengeluh penyakit pernapasan tersebut. Ia mengaku penyakit tersebut tak pernah menyurutkan semangat Habib Munzir untuk mengurus Majelis Rasulullah.

"Jadi beliau punya asma dan berkali-kali mengeluh. Beliau ingin majelisnya bertaraf internasional sehingga dakwahnya sampai ke Papua. Beliau sampai akhir hayat terus mengurusi majelis, seperti acara tanggal 25 November 2013 nanti di Monas," tutup Habib Nabil di antara ribuan orang yang memadati rumah duka.

(vid/rvk)