DetikNews
Minggu 03 Januari 2016, 18:23 WIB

Cerita Bola Cahaya yang Muncul Setiap Malam Tahun Baru di Sawangan

Ahmad Masaul Khoiri - detikNews
Cerita Bola Cahaya yang Muncul Setiap Malam Tahun Baru di Sawangan Penampakan bola cahaya di Tangsel (Foto: Tia/kontributor pasangmata.com)
Jakarta - Fenomena penampakan bola cahaya yang dikaitkan dengan UFO pada malam pergantian tahun baru lalu sudah jelas tak bisa dibuktikan secara ilmiah. Namun, di Sawangan, Depok, Jawa Barat, ada sebuah cerita tentang bola api yang selalu muncul setiap malam tahun baru. Apakah itu peristiwa yang sama dengan bola cahaya?

Informasi soal bola api di Sawangan diterima detikcom dari para pembaca yang merespons artikel terkait penampakan bola cahaya di kawasan Jakarta Utara dan Serpong. Menurut beberapa orang, ada sebuah fenomena unik yang selalu didatangi banyak orang di Sawangan, bernama braja.

detikcom kemudian menelusuri kebenaran cerita tersebut. Hingga akhirnya bertemu dengan Udin Herman (52), pria yang sejak lahir tinggal di kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jabar. Dia mengisahkan tentang rutinitas masyarakat saat malam Tahun Baru yang penasaran dengan kemunculan braja atau bola api di Sawangan.
Udin

Menurut Udin, dulu ada sebuah waduk yang diberi nama Setu Gugur. Pada tahun 1960an, waduk tersebut jebol dan ikan-ikannya berhamburan. Belakangan, area waduk tersebut menjadi milik perorangan dan menjadi perumahan.

Entah apa kaitannya, setelah waduk itu hilang, kerap muncul sebuah fenomena aneh setiap pergantian tahun. Fenomena tersebut bernama braja, atau kemunculan bola api.

"Keanehan braja itu keluarnya pada jam 24.00 WIB malam pas waktu pergantian tahun masehi. Tetapi kalau orang beruntung melihat nggak cuma pas malam tahun baru. Kadang ada yang melihat waktu tertentu siang hari terlihat seperti payung terbang," ceritanya.

Kawasan Sawangan

Fenomena ini menyebar dari mulut ke mulut sejak tahun 2006. Alhasil, setiap malam pergantian tahun, banyak yang ingin melihat penampakan braja.

"Braja sendiri mempunyai ukuran sebola sepak. Setiap orang bisa melihat benda tersebut. Warnanya merah api bersinar atau bercahaya," terangnya.

"Dulu-dulu bisa 8-9 jumlah braja yang keluar. Tahun ini cuma 4 yang keluar kecil-kecil dan jauh letaknya," tambahnya.

Di situs jejaring sosial YouTube banyak video yang menggambarkan cerita Udin. Seperti misalnya, video yang diunggah oleh akun Onez Lasso pada Januari 2014 ini. Di sela-sela kembang api tahun baru, ada semacam bulatan berwarna merah yang diyakini sebagai braja.




Anda bisa percaya atau tidak. Yang jelas, peristiwa ini membuat banyak orang berdatangan ke Sawangan setiap malam pergantian tahun.

Secara ilmiah, Kepala LAPAN Thomas Djamaludin sudah memastikan tak ada UFO atau kemungkinan penampakan makhluk luar angkasa di bumi. Berbagai kemungkinan soal penampakan bola cahaya berwarna merah di langit bisa jadi berasal dari suar, lampu pesawat, atau kembang api.
(mad/mad)
ufo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed