Isu Reshuffle, PAN Klaim Dapat 2 Menteri: Menhub dan Menteri KLH

Rivki - detikNews
Kamis, 24 Des 2015 15:01 WIB
Foto: dok. DPP PAN
Jakarta - PAN mengklaim pihaknya mendapatkan jatah 2 kursi menteri di kabinet pemerintahan Jokowi-JK. 2 Kursi menteri yang didapatkan PAN ialah Menteri Perhubungan dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

"Informasi dari kalangan Istana demikian, kami mendapat jatah 2 menteri. Saya rasa informasi nya cukup valid," ujar Ketua DPP PAN, Azis Subekti, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (24/12/2015).

Azis mengatakan ada 2 nama yang ramai diperbincangkan untuk mengisi posisi menteri tersebut. Nama Taufik Kurniawan yang saat ini menjadi Wakil Ketua DPR disebut Azis akan mengisi posisi Menhub dan Asman Abnur yang saat ini merupakan anggota DPR disebut mengisi posisi Menteri KLH.

"Dua nama itu memang disetor, tapi sekali lagi ini kan hak prerogatif presiden. Selain 2 nama itu, banyak juga nama-nama yang disetor oleh PAN," ucapnya.

Azis berpendapat, bila 2 nama itu memang dipilih untuk dijadikan menteri maka kedua nama tersebut memang memiliki kapabilitas.

"Pak Taufik kan dulu Ketua komisi V bidang infrastruktur dan perhubungan," imbuh Azis.

Azis juga memprediksi, reshuffle menteri akan terjadi pada Januari 2016 nanti. Menurutnya, PAN sebagai partai pendukung pemerintah layak mendapatkan jatah tersebut sebagai de facto partai pendukung pemerintah.

"Kemungkinan kalau melihat kondisi sekarang ini Januari nanti akan reshuflenya. Tapi sekali lagi PAN bukan mendesak pemerintah," ucapnya. (rvk/dra)