DetikNews
Kamis 05 November 2015, 19:33 WIB

Hongaria Dukung Indonesia Dapatkan Bebas Visa Schengen

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Hongaria Dukung Indonesia Dapatkan Bebas Visa Schengen Foto: Dok.Kementerian Luar Negeri
Jakarta - Indonesia terus berusaha untuk mendapatkan bebas visa Schengen. Visa Schengen merupakan hasil dari Perjanjian Schengen yang dilakukan negara-negara Uni Eropa di Schengen, kota di Luksemburg, pada tahun 1985.

Salah satu isinya adalah menghapus pengawasan perbatasan di antara negara-negara Uni Eropa dan mencakup berbagai aturan kebijakan bersama untuk izin masuk jangka pendek. Usaha tersebut ternyata mendapat dukungan dari negara-negara anggota Uni Eropa, salah satunya Hongaria.

"Hongaria memberikan dukungan terhadap upaya Indonesia untuk mendapatkan bebas visa Schengen bagi WNI saat saya berbincang dengan Menlu Hongaria," ujar Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi yang sedang menghadiri KTT Asean Europe Meeting (ASEM) di Luksemburg kepada detikcom, Kamis (5/11/2015).

"Visa tersebut diharapkan berguna untuk kunjungan singkat WNI ke negara-negara Schengen," lanjutnya.

Bila Indonesia diberikan bebas visa Schengen, maka WNI tidak perlu lagi repot-repot mengurus visa ketika akan pergi ke negara-negara anggota Uni Eropa. Seperti misalnya Belgia, Perancis, Monako, Belanda, Spanyol, Portugal, Jerman, Ceko, dan Italia.

Retno menambahkan, selain membicarakan mengenai visa Schengen, kedua menlu tersebut juga membicarakan mengenai rencana kunjungan Perdana Menteri Hongaria ke Indonesia. Kunjungan rencananya akan berlangsung awal tahun 2016.

"Saya juga membahas mengenai persiapan kunjungan PM Hongaria yang rencananya akan dilakukan awal tahun depan. Saya dan Menlu Hongaria juga sepakat untuk segera menyelesaikan draf dokumen kerjasama yang masih tertunda, seperti kerjasama di bidang perikanan," kata Retno.
(yds/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed