DetikNews
Kamis 10 September 2015, 18:10 WIB

'Danau Bacan' di Bekas Lokasi Tambang Batu di Sukabumi ini Lagi Kekinian

Syahdan Alamsyah, - detikNews
Danau Bacan di Bekas Lokasi Tambang Batu di Sukabumi ini Lagi Kekinian Foto: alamsyah
Sukabumi - Fenomena unik terjadi di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Sebuah danau eksotik tiba-tiba muncul di areal eks pertambangan batu, keunikan danau ini selain berwarna hijau, selama kemarau ini air yang keluar dari danau ini juga kerap dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

"Dulunya di situ ada lokasi pertambangan sekitar beberapa tahun kebelakang lah, kemudian lama dibiarkan sehingga entah bagaimana cekungan yang dulu ditambang itu terisi penuh oleh air yang keluar dari tengah danau ditengah situasi kemarau begini banyak warga yang memanfaatkannya untuk keperluan sehari-hari," terang Sudarmat, Kepala Desa Bojongharja kepada detikcom, sekitar pukul 16.46 WIB, Kamis (10/9/2015).

Sudarmat sendiri mengaku kaget, belakangan lokasi tersebut ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Belakangan Sudarmat sadar fenomena kemunculan danau itu tersebar melalui dunia maya dan dipopulerkan oleh sejumlah anak muda.

"Belakangan ini banyak pendatang anak muda yang sengaja bermain kesini untuk foto-foto ke sini dan posting di media sosial. Mungkin mereka aneh ada danau berwarna hijau di Sukabumi," ujar Sudarmat.

Sejumlah pengunjung menamai danau itu dengan sebutan danau hijau, ada juga yang menamainya dengan sebutan danau bacan karena merujuk pada warna batu akik berwarna biru yang mengkilap ketika tersorot cahaya.

"Dulunya memang pertambangan batu hijau daerah eksploitasinya di cekungan yang sekarang berair dan jadi danau. Saya pernah denger kalau dulu saat ditambang, pekerja sering kerepotan karena kerap muncul air," lanjutnya.

Rara (21) seorang pengunjung asal Cihideung, Bogor sepakat bila danau itu dinamai 'Danau Bacan' karena gradasi warna yang keluar dari dalam danau menjadi penyebab warnai air berubah jadi hijau dan mirip kemilau batu bacan. Ia yang sengaja datang bersama suaminya ini mengaku mengetahui fenomena danau hijau ini melalui media sosial Instagram.

"Ada teman yang posting, saya fikir awalnya mirip danau yang ada di gunung semeru ternyata lokasinya ada di sukabumi, karena penasaran ya saya kesini. Ternyata airnya memang berwarna hijau," tuturnya.
(dra/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed