DetikNews
Senin 07 September 2015, 18:45 WIB

Ketua MKD Pastikan Novanto-Fadli Zon Diproses, Tak Takut Intervensi KMP

Mulya Nur Bilkis - detikNews
Ketua MKD Pastikan Novanto-Fadli Zon Diproses, Tak Takut Intervensi KMP Foto: Lucas Jackson/Reuters
Jakarta - Kehadiran Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam acara konferensi pers dan kampanye Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbuntut panjang. Sejumlah anggota dewan melaporkan Novanto dan Fadli ke Mahkamah Kehormatan DPR (MKD).   

Ketua MKD Surahman Hidayat memastikan pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut. Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu berjanji akan berlaku adil meski dua pimpinan DPR itu berasal dari gerbong yang sama dengan PKS, yakni; Koalisi Merah Putih.  

"Ini sudah memasuki ranah hukum. Tidak ada hubungannya dengan partai," kata Surahman usai menerima lapor PDIP Cs di ruangan MKD, DPR, Senayan, Senin (7/9/2015).

Dia juga berjanji akan transparan dalam memproses pengaduan ini. Alasannya, semua pengaduan yang sudah masuk ke MKD maka yang terjadi adalah proses hukum.

Surahman juga tak takut dengan kemungkinan adanya intervensi dari petinggi KMP atas kasus Novanto-Fadli ini. "Ada yang lebih tinggi (dari KMP), Allah," kata dia.

Senin siang tadi sejumlah legislator mengadukan Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon ke MKD karena dianggap melanggar kode etik.

Mereka yang melaporkan Novanto-Fadli adalah Charles Honoris (PDIP), Adian Napitupulu (PDIP), Diah Pitaloka (PDIP), Maman Imanulhaq (PKB), Akbar Faizal (NasDem), Amir Uskara (PPP), dan Budiman Sudjatmiko (PDIP).


(erd/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed