DetikNews
Kamis 05 Jun 2014, 09:22 WIB

MA Bebaskan Koruptor HGB Hotel Hilton Senilai Rp 1,9 Triliun!

- detikNews
MA Bebaskan Koruptor HGB Hotel Hilton Senilai Rp 1,9 Triliun! Gedung Mahkamah Agung (ari saputra/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) membebaskan Robert Jeffrey Lumempouw dalam kasus korupsi yang merugikan negara Rp 1,9 triliun. Saat menjadi Kepala Kantor Wilayah BPN Jakarta, Robert main mata di kasus Hak Guna Bangunan (HGB) Hotel Hilton (kini Hotel Sultan).

"Mengabulkan permohonan PK kuasa hukum pemohon Awaluddin Sinaga atas termohon Ir Robert Jeffrey Lumempouw MSi," demikian lansir panitera MA dalam websitenya, Kamis (5/6/2014).

Perkara nomor 229 PK/Pid.Sus/2013 itu diadili oleh ketua majelis PK Mayjen (Purn) Timur Manurung. Duduk sebagai anggota yaitu Sophian Marthabaya dan Prof Dr Surya Jaya. Perkara yang sempat menggoncang jagat hukum Indonesia itu diwarnai perbedaan pendapat dalam membebaskan Robert. Hakim agung Prof Dr Surya Jaya dissenting opinion (DO) dengan menolak PK dan tetap menghukum Robert. Namun pendapat Surya Jaya kalah dengan dua hakim lainnya sehingga Robert pun bebas.

"Diputuskan pada 22 Mei 2014," ujarnya.

Sebelumnya, pada 27 Juni 2007 Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menghukum Robert selama 3 tahun penjara. Putusan ini dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta pada 8 Oktober 2007.

Putusan iti tidak berubah saat diadili di tingkat kasasi. Duduk sebagai ketua majelis kasasi Prof Dr Bagir Manan dengan anggota Artidjo Alkostar dan Djoko Sarwoko. Ketiganya pada 11 April 2008 tetap menghukum Robert selama 3 tahun penjara karena korupsi HGB Hotel Hilton.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari MA. Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur mengaku belum mengetahui hal itu.


  • MA Bebaskan Koruptor HGB Hotel Hilton Senilai Rp 1,9 Triliun!
    Gedung Mahkamah Agung (ari saputra/detikcom)
  • MA Bebaskan Koruptor HGB Hotel Hilton Senilai Rp 1,9 Triliun!
    Gedung Mahkamah Agung (ari saputra/detikcom)

(asp/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +