detikNews
Senin 04 Februari 2019, 13:40 WIB

Klenteng Hoo Tong Bio Bersolek Jelang Masuk Banyuwangi Festival

Ardian Fanani - detikNews
Klenteng Hoo Tong Bio Bersolek Jelang Masuk Banyuwangi Festival Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Banyuwangi Klenteng Hoo Tong Bio, siap merayakan Tahun Baru Imlek 2570. Selain perayaan tahun baru Imlek, Klenteng Hoo Tong Bio juga bersiap untuk kegiatan Festival Imlek, kerja bareng dengan Pemkab Banyuwangi.

Sejumlah fasilitas, sarana dan kelengkapan sudah terpasang di klenteng terbesar di Bumi Blambangan itu. Panitia memasang ribuan lampion mulai jalan masuk sisi utara dan selatan menuju ke lokasi ini.

"Pemasangan lampion, membersihkan seluruh lokasi, termasuk membersihkan patung para dewa (rupang) sudah kita lakukan. Mengantar para suci istilahnya laporan ke Tuhan sebagai tradisi, 14 hari setelah hari raya itu biasanya beliau-Nya turun," kata Sekretaris Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi, Cahyadi Sugiyanto kepada wartawan, Minggu (3/2/2019).

Untuk Imlek tahun ini, kata Cahyadi, perayaan kali akan lebih meriah. Sebab pihaknya bekerjasama dengan Pemkab Banyuwangi dengan menggear Festival Imlek. Rencananya, kegiatan akan digelar 19 Februari mendatang atau tepat saat merayakan Cap Go Meh.


"Tahun ini, kita diminta untuk merayakan lontong cap go meh bersama dan masuk dalam rangkaian Banyuwangi Festival 2019," tegasnya.

Selain masuk dalam agenda Banyuwangi Festival, dalam perayaan Tahun Baru Imlek di Klenteng Hoo Tong Bio juga digelar pagelaran wayang kulit. Rangkaian lain, kata Cahyadi, Klenteng Hoo Tong Bio juga menyiapkan pengobatan gratis, pembagian sembako ke warga dan upacara sembahyang. Tak ketinggalan dalam perayaan imlek nanti juga akan dihibur barongsai dan liang-liong.

"Rangkaiannya tahun ini banyak. Tanggal 14 Februari nanti ada Imlek bersama seluruh warga Banyuwangi. Selain nanti perayaan lontong cap go meh dan imlek bersama, kita juga mengadakan wayangan di sini," tambahnya.

Foto: Ardian Fanani

"Ada juga doa di Watudodol, ada donor darah, kemudian pembagian sembako dan lain-lain," ungkapnya.


Tahun baru Imlek 2019 (Chia Gwee 1 -2570 Tahun Ci He) bertepatan dengan hari Selasa (5/2/2019) Shio dan unsurnya termasuk kategori Babi Kayu. Feng Shui yang baik atau kejayaan berkedudukan di arah selatan dan utara. Sementara, Feng Shui yang tidak baik berkedudukan di arah barat.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY. Bramuda mengatakan, Festival Ilmek merupakan ajang yang baru masuk di Banyuwangi Festival. Dalam festival ini nantinya akan menunjukkan keberagaman Banyuwangi.

"Ini baru masuk ke Banyuwangi Festival. Keberagaman sudah ada sejak lama di Banyuwangi. Mereka hidup rukun bersama-sama membangun Banyuwangi," ujarnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com