DetikNews
Rabu 30 Maret 2016, 14:39 WIB

Nopol Baru Tiga Huruf untuk Roda Dua Berlaku di Kabupaten Blitar

Erliana Riady - detikNews
Nopol Baru Tiga Huruf untuk Roda Dua Berlaku di Kabupaten Blitar Foto: Erliana Riady
Blitar - Jika Anda membeli kendaraan roda dua keluaran bulan Maret, jangan kaget jika nomor polisi (Nopol) kendaraan tidak sama dengan nomor polisi kendaraan sebelumnya.

Karena terhitung 21 Maret 2016, wilayah hukum Polres Blitar memberlakukan nopol baru menjadi tiga huruf di belakang angka terakhir. Pencetakan tiga huruf baru ini karena alokasi plat nomor dengan 2 huruf di belakang angka terakhir sudah habis.

Untuk Polres Blitar mendapatkan jatah KAA, KAB, KAC, dst sampai dengan KAZ. Aturan ini berlaku khusus untuk roda 2 di 16 kecamatan di wilayah hukum Polres Blitar.

Untuk wilayah Propinsi Jawa Timur, baru 8 Samsat yang mendapatkan alokasi tiga huruf yakni, Malang Kota, Malang Kabupaten, Probolinggo Kabupaten, Pasuruan Kabupaten, Ngawi, Trenggalek, Tulungagung dan Blitar Kabupaten.

Pendafataran registrasi kendaraan baru di Samsat Blitar Kabupaten berdasarkan KTP yang berasal dari 16 kecamatan yang masuk wilayah hukum Polres Blitar Kabupaten.

"Aturan ini sebenarnya juga untuk mempercepat pelayanan pembuatan plat nomor sekaligus pengurusan STNK dan BPKB," kata Kasatlantas Polres Blitar, Eko Iskandar Rabu (30/3/2016).

Bersamaan dengan berlakunya tiga huruf tersebut, Polres Blitar juga menjamin pembuatan plat nomor, STNK dan BPKB selesai dalam waktu 3 hari saja.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed