DetikNews
Sabtu 01 Agustus 2015, 09:05 WIB

Yuk, Nonton Festival Perkusi dan Lalare Orkestra

Putri Akmal - detikNews
Banyuwangi - Banyuwangi Festival 2015 akan digelar malam ini di Gesibu Blambangan, Sabtu (1/8/2015). Festival Perkusi dan Lalare Orkestra yang digelar pertama kalinya ini dimainkan para musikus cilik.

Festival musik tradisional ini bisa jadi tontonan pilihan akhir pekan yang menarik. Sebab festival ini sebuah pertunjukan musik yang dimainkan 100 lare (anak kecil-red) Banyuwangi dari usia kanak-kanak hingga SLTP.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, MY Bramuda mengatakan, ide mengadakan festival ini lantaran di kalangan musisi nasional musik perkusi Banyuwangi diyakini salah satu yang sangat berpengaruh di Indonesia.

Pukulan-pukulan khas perkusi Banyuwangi banyak dijadikan rujukan inspirasi bagi kekayaan musik nasional. Selain itu, event ini digelar juga  dengan tujuan untuk terus menumbuhkan dan menjaga keberlangsungan musik trasidional Banyuwangi yang mulai tergerus musik moderen saat ini.

Selain itu kata Bramuda, ini bisa menjadi gairah siswa siswi Banyuwangi untuk melestarikan musik-musik tradisonal. Sehingga mereka bisa menjadikan belajar musik tradisional menjadi salah satu mulok di sekolah-sekolah.

"Anak-anak sebagai generasi mendatang kami libatkan karena kami berharap mereka kembali mencintai musik tradisonal dan akan terus mengembangkannya," kata Bramuda, Sabtu (1/8/2015).

Di mulai pukul 19.00 WIB, mereka akan menampilkan 12 lagu-lagu Using yang telah diaransemen. Seperti, Padang Ulan, Ulan Andhung-andhung, Layangan dan Angklung Caruk. Sejumlah lagu daerah yang batu diciptakan juga akan ditampilkan.

Mereka yang tergabung dalam sebuah grup musik Radhen Pupus ini akan memainkan berbagai alat musik tradisonal. Mulai dari angklung, kendang, rebana, gendang, drum dan seruling. Selain juga alat musik modern seperti gitar, harmonika, dan tamborin. Dijadwalkan, penyanyi legendaris asal Banyuwangi yang saat ini juga merupakan anggota DPD RI, Emilia Contessa juga akan ikut menyanyikan lagu using yang diiringi orkestra anak-anak.

"Di konser ini Emilia Contessa akan menyanyikan lagu Isun Lare Osing yang akan diiringi orkestra anak-anak. Mereka akan memainkan alat-alat musik tersebut dalam sebuah orkestra. Akan ditampilkan juga pesinden cilik andalan Banyuwangi. Lagu-lagu yang diangkat juga lagu tradisional Banyuwangi," tandas Bramuda.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed