DetikNews
Senin 29 Juni 2015, 18:24 WIB

Status Siaga Gunung Raung dan Cerita tentang Mangkuk Raksasa

Budi Sugiharto - detikNews
Status Siaga Gunung Raung dan Cerita tentang Mangkuk Raksasa
Surabaya - Status Gunung Raung di Jawa Timur meningkat menjadi Siaga. Jika mengamati gunung api ini dari angkasa terlihat kawah yang menyerupai mangkuk raksasa.

Ukuran dinding kawah gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso, Jember dan Banyuwangi ini lumayan besar.

"Diameter mangkuk itu 2 kilometer dan kedalaman 500 meter. Ukuran mangkuk gunung api rata-rata diameter 2 kilometer," kata Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Swastika kepada detikcom, Senin (29/6/2015).

Mangkuk gunung yang ketinggian puncaknya 3.332 meter dpl ini, kata Gede, seolah menjadi tameng material vulkanis bila terjadi letusan.

"Kalau letusan kecil masih di dalam, belum ada impact ke warga," katanya.

Menurut Gede, penerapan status Siaga ini karena telah terjadi peningkatan aktivitas letusan abu dan lontaran material pijar di kawah puncak. Juga ada amplituda tremor meningkat terus secara signifikan sampai hari ini pukul 06.00 WIB dengan amplituda rata-rata 21 mm.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Raung dan wisatawan maupun pendaki tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 3 Km.

"Masyarakat di sekitar Raung tetap tenang, tidak mendengarkan isu-isu tentang letusan Gunung Raung," kata Gede.

PVMBG, kata Gede, selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (BPBD) dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember (BPBD Kabupaten) terkait aktivitas Gunung Raung.

Ancaman erupsi berupa material vulkanik yang sebaran materialnya berupa aliran lava, hujan abu lebat dan lontaran batu (pijar) di sekitar kawah dalam radius 3 km dari pusat erupsi. Sedangkan wilayah di luar 3 km dari pusat erupsi merupakan kawasan yang berpotensi terlanda hujan abu, bergantung arah dan kekuatan angin.
(ugik/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed