Blak-blakan Rektor yang Lempar Mahasiswa S3 dengan Disertasi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 10 Des 2018 13:20 WIB
Foto: Rektor Mubarak (ist.)

Apa kata mahasiswa Anda saat itu?

Dia malah marah-marah ke saya, berbicara soal pekerjaan kegiatan proyek. Kegiatan itu sendiri ada di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) di UMRI. Memang awalnya saya mengenakan Komala ini ke LPPM di sini. Dia sepertinya kecewa dengan saya soal kerjasama dengan LPPM.

Dia tetap marah ke saya soal proyek kerjasama itu. Saya sampaikan ke dia, Demi Allah saya tidak mengerti masalah yang dia sampaikan. Kalaupun ada kendala, ya sampaikanlah secara baik-baik ke LPPM.

Apa tanggapan mahasiswa Anda lagi?

Dia masih tetap marah. Dan bilang ke sama, masak bapak Rektor di sini tidak tahu. Dia bicara proyek terus, padahal saya sudah bersumpah, saya tidak tahu soal proyek itu, saya tidak ada intervensi apapun ke LPPM. Karena terus bicara seperti itu, akhirnya saya tak bisa menahan diri. Saya emosi.

Saya ambil disertasinya yang ada di depan saya lemparkan ke pintu. Akhirnya berserak (di ruang tamu). Tidak ada mengenai badannya. Dia mengumpulinnya. Saya langsung merasa iba.

Saya panggil dia, sini nak-sini nak. Saya tanyakan lagi, apa masalah kamu dengan bapak, kok begitu betul kamu sama bapak.

Sampai hati kamu begitu sama bapak. Itulah kata saya. Dia saat itu minta ganti saya sebagai penguji. Saat itu terjadi ada Wakil Rektor I UMRI di ruangan saya.


Ya sudah, saya ajari dia, untuk mengajukan surat permohonan pergantian penguji. Saya ajari dia membuat surat itu.

Saat itu saya telepon sekretariat Pasca agar saya minta diganti sebagai penguji. Dan sekretariat menyetujui. Saya sampaikan ke Komala, kamu dengar sendirian, tak ada masalah lagi kan. Saya suruh dia segera ke pasca untuk membawa surat pergantian saya. Sampai sana, kata dia ngomel lagi, itu kata pasca, apa omelannya saya tidak tahu. Tapi katanya, saat itu saya akan dilaporkan ke polisi. Tapi saya saat itu berfikir mungkin dia lagi emosi, ya wajar saja.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5