DetikNews
2018/12/10 13:20:48 WIB

Blak-blakan Rektor yang Lempar Mahasiswa S3 dengan Disertasi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Halaman 1 dari 5
Blak-blakan Rektor yang Lempar Mahasiswa S3 dengan Disertasi Foto: Rektor Mubarak (ist.)
Pekanbaru - Mubarak dilaporkan mahasiswa S3 Universitas Riau, Komala Sari, ke polisi. Sebabnya, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) itu melempar draf disertasi ke arah pintu. Saat itu, Komala di ruangan.

Berikut wawancara detikcom dengan Dr Mubarak Senin (10/12/2018):

Benarkah Komala Sari mahasiswa Anda untuk gelar doktor?

Benar. Jadi begini. Beliau (Komala) mahasiswa Pascasarjana S3 di Universitas Riau (UR). Dalam mekanismenya, dosen penguji itu mulai dari proposal sampai sidang ikut terus. Posisi saya sebagai dosen penguji.


Tujuannya adalah diakhir mahasiswa sudah lempang aja jalannya, sehingga dari awal kita sudah tau dari untuk memberi masukan (desertasi). Itu mekanismenya di UR. Jadi status saya ini sebagai penguji.

Selanjutnya?

Jadi, dia ini masuk setelah seminar ada namanya masuk proges I. Maka dia mempresentasikan hasil dari pada kerja dia. Kan di sini ada saran dan masukan baik dari penguji atau dosen pembimbinginya. Kan setelah seminar dilaporkan oleh mahasiswa ke dosen penguji atau ke dosen pembimbinginya. Kalau dosennya sudah setuju, tinggal tanda tangan.

Mahasiswa Komala Sari menemui Anda di mana terkait disertasinya?

Dia datang ke sini (Kampus UMRI), saya nggak tahu lagi di mana itu. Tapi biasanya itu mahasiswa, kalau saya lagi tak ada dititip (disertasi). Tapi saya tidak mempermasalahkan itu. Terus pegawai (staf di UMRI) datang ke saya, memberitahukan ada titipan. Saya tanya apa itu. Ini tanda tangan desertasi. Saya tanyakan disertasinya mana?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed