Sepak Terjang Margianta Surahman dalam Jaringan Pemuda Lokal-Global

#77PortraitAnakBangsa

Sepak Terjang Margianta Surahman dalam Jaringan Pemuda Lokal-Global

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 20:17 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G.
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. (Foto: Dok OPPO)
Jakarta - Nama Margianta Surahman Juhanda Dinata mungkin masih asing terdengar. Namun siapa sangka pemuda yang satu ini telah banyak terlibat dalam pembangunan lokal dan global, khususnya di bidang ekonomi, politik, partisipasi pemuda, kesehatan global, hingga hak asasi manusia.

Sejak tahun 2010, Margianta memang telah aktif dalam jaringan pemuda lokal dan internasional. Bahkan pada 2015, dirinya sudah menjadi Juru Bicara Gerakan Muda FCTC (Framework Convention on Tobacco Control), yang berfokus dalam pengendalian tembakau.

Bersama FCTC, Margianta aktif mendorong masyarakat untuk melindungi generasi masa kini dan masa mendatang dari dampak konsumsi rokok dan paparan asap. Di tahun 2017, Margianta juga mendirikan Emancipate Indonesia, sebuah organisasi nirlaba anti-perbudakan yang mendorong hak-hak pekerja muda. Melalui organisasi ini, Margianta turut mendorong agar perbudakan modern dapat segera diakhiri.

Dengan segala pengalamannya, Margianta kerap diundang untuk berpartisipasi dalam forum internasional, seperti World Health Summit 2021 dan UNICEF Global Forum for Children and Youth 2021. Ia juga pernah berbicara dalam forum 'One Young World 2018' dengan peserta yang mencapai 2.000 orang dari 193 negara.

Tak sampai di situ, Margianta juga sempat menjadi Project Coordinator Young Health Programme pada tahun 2018-2020 di Yayasan Lentera Anak yang berfokus dalam pencegahan Penyakit Tidak Menular melalui kerja sama lintas sektor dan pemberdayaan pemuda. Bahkan saat ini, pria yang akrab disapa Gian ini telah menjabat sebagai Youth Engagement and Adolescent Health Consultant di kantor pusat UNICEF.

(fhs/ega)