#77PortraitAnakBangsa

Afutami, Pendiri Think Policy & Ekonom Lingkungan yang Peduli Isu Iklim

Hanifa Widyas - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 23:26 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G.
Foto: OPPOShot on OPPO Reno8 Pro 5G. (Foto: Dok OPPO)
Jakarta - Muda, cantik, dan peduli terhadap isu di tengah masyarakat. Tiga hal tersebut mungkin cocok untuk menggambarkan sosok Andhyta Firselly Utami. Andhyta Firselly Utami atau yang lebih akrab disapa Afu adalah seorang peneliti ekonom lingkungan di salah satu institusi internasional sektor pembangunan berbasis di Jakarta. Melalui pekerjaannya, ia memberikan analisis dan masukan kepada pemerintah Indonesia tentang isu-isu yang berkaitan dengan keberlanjutan serta tujuan iklim.

Afu menempuh pendidikan S1 jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Setelah lulus, ia lanjut mengampu pendidikan S2 Public Policy di Harvard University's JFK School of Government, Amerika Serikat.

Sejak awal lulus kuliah, Afu sudah aktif memerangi perubahan iklim, menyuarakan pentingnya reformasi kebijakan sektor kehutanan dan energi bersama World Resources Institute, serta meyakinkan generasinya untuk terlibat aktif dalam kegiatan politik, minimal dengan memiliki perhatian pada isu kebijakan publik.

Karena itulah perempuan asal Cianjur ini menggagas Think Policy, sebuah platform bagi profesional muda untuk belajar, berkolaborasi, dan bersuara untuk kebijakan publik yang berbasis bukti dan empati. Selain itu, Afu pernah terpilih sebagai Head of State delegasi Indonesia ke Konferensi Tingkat Tinggi Y20 di Rusia pada 2013 silam.

Melalui kanal YouTube Frame & Sentences, Afu juga mendorong orang muda menggunakan kerangka berpikir kritis dalam membahas berbagai isu sosial-politik. Afu juga sedang menyiapkan penerbitan buku pertamanya yang berjudul Menjadi. (fhs/ega)