DetikNews
Jumat 11 Dec 2015, 14:10 WIB

Elsin dan Malella, Menyampaikan Suara Hati Lewat Cerpen dan Komik

Aditya Mardiastuti - detikNews
Elsin dan Malella, Menyampaikan Suara Hati Lewat Cerpen dan Komik Foto: Aditya Mardiastuti
Jakarta - Masa remaja adalah masa penuh kreasi dan selalu ingin mencoba hal baru. Kemendikbud memfasilitasi remaja ini dengan mengadakan Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI).

ARKI diadakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama untuk penerbit Mizan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya. Melalui syair, cerita pendek (cerpen) dan komik para peserta pelajar SMP-SMA diajak untuk menghasilkan karya.

"Judul tulisan cerpen saya "Senja Lemakui" yang artinya Senja Pelangi," ujar Elsina Puspitaningrum Salakay, juara pertama penulisan cerpen di Kemendikbud, Jumat (10/12/2015).

Menurut gadis asal Papua ini ia memang suka menulis, khususnya diary. Ide penulisan ia dapatkan ketika melihat populasi cendrawasih di daerahnya yang mulai punah.

"Orang dari jauh datang ke Papua untuk cendrawasih kemudian orang di Papua sendiri malah menjual bulunya," imbuh siswi kelas 12 SMAN 1 Jayapura ini.

"Prihatin kak, dari lahir kami tinggal di Papua, kami sama sekali belum pernah lihat aslinya hanya bentuk dikeringkannya. Populasinya sedikit sekali, kami susah melihatnya saya juga nggak tahu penangkarannya di mana," tuturnya sedih.

Dari keprihatinan itu ia menuangkannya ke dalam bentuk cerpen. Karyanya itu berhasil menyabet juara satu menyisihkan 49 peserta lainnya.

"Nggak kebayang juara pertama apalagi dari 50 peserta rasanya nggak mungkin. Tapi itu semua untuk Tuhan," ujarnya bangga.

Gadis yang akrab dipanggil Elsin ini menjelaskan bahwa dirinya antusias mengikuti ARKI karena mendapat restu dari orangtuanya.

"Orangtua support sekali sama kegiatan ini, waktu saya kirim naskah orangtua nggak tahu tapi orangtua tahu saya suka nulis," ujar anak bungsu dari empat bersaudara ini.

Senyum ceria juga tersungging di wajah Malella Widyaiswara yang berhasil menyabet juara 3 cipta komik di ARKI.

Komik yang digambar siswi kelas 8 SMPN 5 Cilegon ini mengisahkan mengenai kado untuk ibu.

"Menceritakan beli kado yang bermanfaat masih dekat dengan budaya indonesia. Kadonya itu berisi batik yang pernah dipakai Nelson Mandela di acara penting," tutur Malella.

"Waktu itu memang inget ibu. Dari hari Rabu (9/12) belum ketemu ibu, selama acara juga nggak bisa telepon," kisah anak keempat dari 6 bersaudara ini.

Ia juga menceritakan bahwa kedua orangtuanya sempat ragu untuk memberikan izin. Tapi ia tetap bersikukuh untuk mengikuti ARKI.

"Pertama orangtua ragu tapi karena saya maksa mau nyari pengalaman lalu dibolehin, tapi dipesan kalau kalah jangan nangis," kenangnya.

Malella berhasil pulang tanpa menangis. Malah ia membawa oleh-oleh medali perunggu dan tabungan Rp 3 juta untuk pulang ke Cilegon.

ARKI diikuti oleh pelajar SMP dan SMA dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini membekali pelajar SMP dan SMA dengan serangkaian kelas dan kegiatan inspiratif serta dapat mengekspresikan minat dan bakatnya melalui cerpen, syair dan komik.

Acara ini berlangsung tanggal 9-12 Desember dengan sasaran para pelajar tingkat SMP dan SMA di 29 provinsi. Para siswa mengirimkan naskah berupa cerpen, syair dan komik. Dari 368 naskah yang diterima panitia, terpilih sebanyak 100 peserta. Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah dilaksanakan di Gedung Kemdikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (11/12/2015).

Hadir di acara ini Mendikbud Anies Baswedan, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad, Presdir Mizan Group Haidar Bagir dan para peserta yang lolos seleksi.

Berikut para pemenang lomba ARKI:

Juara Cerpen
1 : Elsina Puspitaningrum Salakay, SMAN 1 Jayapura, Papua
2 : Ainul Mardhiyah, MA KMI Diniyyah Puteri, Sumbar
3 : Intan Nurhaliza, SMPN 1 Cibinong, Jabar
Harapan 1: Afifah Khairunnisah,SMP IT Ar-Rahmah Makassar, Sulsel.

Juara Cipta Komik
1 : Rahma Yulia Astuti, SMAN 1 Pemali, Kepulauan Bangka Belitung
2 : Nakeia Menur Rikytabina, SMP Insan Cendekia Madani, Banten
3: Malella Widyaiswara, SMPN 5 Cilegon, Banten
Harapan 1 : Fauziyah Nada Rianto, SMA IT Iqra', Bengkulu

Juara Cipta Syair
1 : Masagus Haidir Tamimi, SMAN 3 Palembang, Sumsel
2: Muhammad Rifai Hasbi, SMPN 3 Polewali, Sulbar
3: Hanifah Baihaqi, SMPN 12 Batam Kota, Kepri
Harapan 1: Erika Florentina Sinulingga, SMA Kalam Kudus, Sumut
(mad/mad)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed