DetikNews
2015/09/30 11:29:00 WIB

Laporan dari AS

Kiprah Tricia Populerkan Angklung ke Sekolah-sekolah di Amerika

Shohib Masykur - detikNews
Halaman 1 dari 4
Kiprah Tricia Populerkan Angklung ke Sekolah-sekolah di Amerika Foto: Tricia/dokumen pribadi
Washington DC - Ketika menginjakkan kaki di Amerika Serikat tahun 2007, Tricia Sumarijanto tidak pernah berniat serius berkecimpung di dunia musik, terlebih musik tradisional. Tujuannya adalah melanjutkan studi S2 di George Washington University, sebuah kampus ternama di Washington DC yang kerap jadi rujukan bagi banyak mahasiswa Indonesia.

Namun apa mau dikata, roda nasib menyeretnya ke lintasan yang tidak dia sangka-sangka. Setelah menggondol master di bidang Organizational Science, perempuan kelahiran Jakarta, 29 Desember 1970, itu justru menekuni musik tradisional dengan mengajarkan angklung ke murid-murid sekolah di Amerika.

"Terakhir kali saya main angklung adalah waktu masih SD. Sejak itu saya tidak pernah main lagi, sampai akhirnya saya kembali main setelah di Washington DC," tutur Tricia dalam perbincangan santai dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Dok Pribadi

Angklung Goes to School (AGTS), demikian program pengajaran angklung ke anak-anak sekolah di Amerika itu disebut. Penggagasnya adalah Tricia yang juga merupakan pengajar sekaligus konduktor tunggal di House of Angklung (HoA). Ketua HoA Erwin Chaniago mengatakan, AGTS merupakan salah satu program utama HoA selain pementasan.

"AGTS diinisiasi oleh Tricia. Dengan progam itu kita ingin mengenalkan angklung ke murid-murid sekolah di Amerika.  Selain itu kita juga ingin mengenalkan Indonesia, bahwa Indonesia tidak hanya Bali," kata Erwin.

HoA sendiri mulanya merupakan perkumpulan warga sunda di Washington DC bernama Angklung Rukun Wargi Pasundan. Tahun 2009, sesaat sebelum perubahan nama menjadi HoA dan bertepatan dengan Tricia merampungkan studinya, komunitas angklung tersebut tengah mencari pengajar baru.

Dok Pribadi

"Waktu itu mereka meminta saya menjadi pengajar, dan saya sangat tertarik untuk bergabung. Saya pelajari lagi cara bermain angklung yang sudah lama sekali saya tinggalkan. Akhirnya sejak itu saya menjadi pengajar dan tampil di berbagai festival budaya di Washington DC," tutur Tricia.
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed