DetikNews
Sabtu 21 Juni 2014, 11:06 WIB

Ini 3 Strategi Relawan Jokowi-JK 'Perang' di Media Sosial

- detikNews
Ini 3 Strategi Relawan Jokowi-JK Perang di Media Sosial
Jakarta -

Kubu Jokowi-JK yang mengelola kampanye di media sosial memiliki tiga kelompok relawan dengan fokus berbeda. Mereka memiliki tugas masing-masing, salah satunya ialah tim negative campaign untuk menyerang Prabowo-Hatta.

"Relawan terbagi di tiga kelompok besar. Ada yang posting prestasi Jokowi-JK, kita sebut supportive team. Yang kedua, defensive team," kata anggota Tim Medsos Jokowi-JK, Kartika Djoemadi dalam diskusi 'Perang Social Media' di Warung Daun, Cikini, Sabtu (21/6/2014).

Tim defensif ini suka berargumentasi, senangnya berdebat berjam-jam dan biasanya adalah yang aktif di forum seperti Kaskus. Kartika menuturkan bahwa ada tim ketiga yaitu offensive team.

"Satu lagi, kelompok yang suka menyerang dengan fakta fakta negatif. Black campaign dilarang, tapi negative campaign tidak apa-apa. Mereka kumpulkan fakta, kita sebut Offensive team. Misalnya, Partaisocmed, 99army," ucap wanita berparas ayu ini.

Sementara itu, anggota tim sosmed Prabowo Hatta, Noudy Valdryno menegaskan bahwa kubunya tidak memiliki tim khusus negative campaign yang menyerang. Meski diizinkan, kubunya tak mau terus menerus menyerang.

"Menyerang enggak, kita jaga. Kita mau ubah, kita gak mau melulu menyerang. Pas Pileg bisa kok, gak terlalu serang menyerang," ucap Ryno.


(imk/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed