Refund Dari Maswindo Bumi Mas Tak Kunjung Cair

ADVERTISEMENT

Suara Pembaca

Refund Dari Maswindo Bumi Mas Tak Kunjung Cair

Ari - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 12:24 WIB
Keluhan

Saya salah satu klien PT Maswindo Bumi Mas Pusat Sidoarjo. Lokasi pekerjaan saya di Komplek Jatinegara Indah - Jakarta Timur. Saya berkontrak awal dengan PT Maswindo Bumi Mas pada tanggal 3 Oktober 2022 dengan nilai awal kontrak Rp 720.000.000.

Pembangunan awal dimulai tanggal 29 Mei 2021. Awal pekerjaan berjalan lancar hingga akhirnya saya meminta tambahan pekerjaan Addendum pertama pada tanggal 9 September 2021 sebesar Rp 55.000.000 dan addendum kedua pada tanggal 21 Januari 2022 dengan nilai Rp 43.000.000.

Total dana yang ditransfer ke PT Maswindo Bumi Mas sebesar Rp 818.000.000. Saya transfer secara lunas 100% tanpa termin pekerjaan lapangan dilakukan oleh cabang Bekasi Timur. Lama waktu pekerjaan yang dijanjikan oleh PT Maswindo adalah 8 bulan, seharusnya bisa selesai pekerjaan pada tanggal 29 Februari 2022 dan bisa saya tempati rumah tersebut.

Seiring berjalannya waktu beberapa kendala dan kejanggalan muncul mulai dari tidak adanya pekerja di lapangan dan tidak adanya material. Informasi dari cabang kendala tersebut terjadi karena tidak adanya pencairan termin dari pusat. Sampai akhirnya pekerjaan di lapangan benar benar tidak ada aktivitas sama sekali.

Di situ saya masih sabar dan tetap berpikiran positif. Bulan Maret 2022 sampai April 2022 tidak ada aktivitas sama sekali di lokasi pekerjaan. Saya coba hubungi costumer service pusat dan cabang dijanjikan akan memulai pekerjaan di bulan Mei 2022. Saya tunggu sampai dengan bulan Juli 2022 tetap tidak ada aktivitas.

Di awal Agustus 2022, saya mencoba komunikasi dengan CEO PT Maswindo Bumi Mas, dijanjikan akan mengunjungi proyek di tanggal 9 Agustus 2022. Saya bertemu di tanggal 9 Agustus 2022 dengan CEO PT Maswindo Bumi Mas Bapak Aswin menjanjikan akan melanjutkan proyek saya maksimal satu minggu setelah kunjungan.

Hampir tiga minggu saya tunggu tidak ada kejelasan untuk kelanjutan pekerjaan. Saya memutuskan untuk melakukan refund atau pengembalian dana karena tidak ada kejelasan dan sudah saya anggap wanprestasi karena sudah terlalu lama pekerjaan mangkarak dan terbengkalai.

Saya dan tim pusat PT Maswindo Bumi Mas melakukan opnam pekerjaan di bulan september untuk nilai pengembalian dana/refund disepakati dengan nilai Rp 265.393.818. Pengembalian dana dijanjikan awal akan dibayarkan di pertengahan Oktober 2022 tetapi meleset dari waktu yang dijanjikan.

Saya berharap PT Maswindo Bumi Mas dapat menanggapi jawaban secara tegas, pasti dan transparan, karena sudah cukup lama permasalahan ini terjadi. Terima kasih.


Ari
ari.ferdian.utomo28@gmail.com



Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT