Pesanan Shopee Dikembalikan Sebelum Dibuka, Penjual Dirugikan

ADVERTISEMENT

Suara Pembaca

Pesanan Shopee Dikembalikan Sebelum Dibuka, Penjual Dirugikan

Wijaya - detikNews
Jumat, 21 Okt 2022 08:47 WIB
Keluhan

Pada tanggal 19 September 2022, kami mengirimkan paket seberat 15,5 kg untuk pesanan dengan nomor 2209196SBHBR2X melalui J&T Cargo.

Sepuluh hari kemudian paket tersebut sudah sampai tujuan, tetapi pembeli menolak menerima paket tersebut dengan alasan barang tersebut takut rusak karena produk makanan. Dalam hal ini pembeli langsung mengembalikan paket tersebut tanpa membuka atau melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Oleh pihak J&T Cargo, paket ini langsung diterima kembali dan dikirimkan ke kami tanpa ada bukti kerusakan produk. Dan oleh agen Shopee diputuskan dana langsung dikembalikan ke pihak pembeli dengan pertimbangan paket tersebut sudah dalam proses pengiriman kembali oleh J&T Cargo.

Yang jadi pertanyaan kami, apakah prosedur retur barang Non COD di Shopee bisa langsung dilakukan pembeli tanpa melakukan pengecekan barang tersebut? Jika prosedur demikian bisa dilakukan, maka yang sangat dirugikan adalah pihak penjual.

Paket tersebut sudah kami terima kembali tanggal 9 Oktober 2022. Lamanya proses pengiriman yang bolak balik oleh J&T Cargo membuat barang kami mengalami kerusakan dalam perjalanan. Kami sebagai penjual sudah melakukan klaim ke Shopee dan J&T Cargo.

Tetapi klaim ditolak oleh pihak J&T Cargo, karena packing masih baik. Jika paket tersebut packingnya masih baik, mengapa hal ini tidak disampaikan ke pihak pembeli juga? Kami mohon kepada Shopee untuk menjalankan prosedur pengembalian barang yang telah ditentukan. Terima kasih.


Wijaya
Nomor Pesanan 2209196SBHBR2X



Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT