ADVERTISEMENT

Suara Pembaca

Pinjaman Ditolak CIMB Niaga, Biaya Appraisal Rumah Belum Dikembalikan

Zikri - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 16:43 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Sekitar bulan Maret 2022, saya mendatangi Bank CIMB Niaga untuk membuka rekening dan menanyakan pengajuan kredit atas inisiasi rekan di salah satu bank CIMB Cabang Jakarta Gajah Mada. Saya ditawarkan produk multifinance dengan jaminan Sertifikat Rumah.

Saya mengikuti beberapa prosedur yang diminta termasuk melunasi tagihan saya di bank lain agar nilai skor kredit berubah baik. Setelah memasuki tahap pembayaran biaya appraisal, ketidakpastian informasi mulai muncul, seperti kesalahan memberikan harga appraisal yang harus dibayar.

Akhirnya pengajuan saya batalkan karena melihat ada yang tidak baik terhadap personal marketing yang mengurus pengajuan saya dan saya meminta refund biaya appraisal yang telah saya bayarkan sebelumnya.

Bulan Mei 2022, diinformasikan bahwa ada kenaikan biaya appraisal menjadi Rp 2.2 juta. Saya menyetujui untuk membayar karena sudah ada persetujuan secara verbal. Saya diminta surat pelunasan pinjaman di bank lain, padahal awal pengajuan tidak diperlukan namun analis meminta agar dapat disetujui.

Saya sudah penuhi segala permintaan bank dengan harapan dapat disetujui, ternyata hasilnya ditolak dan tidak ada kejelasan terkait uang yang telah saya bayarkan. Semoga ada balasan yang baik dari Bank CIMB Niaga. Terima kasih.


Zikri
zikrizhen88@gmail.com

Jawaban

Tanggapan CIMB Niaga

Sehubungan dengan surat Bapak Zikri yang berjudul "Pinjaman Ditolak CIMB Niaga, Biaya Appraisal Rumah Belum Dikembalikan" (Detik.com, 19 Agustus 2022), dengan ini kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak Zikri.

Sebagai tindak lanjut dari keluhan tersebut, kami telah menghubungi Bapak Zikri untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi dan permasalahan telah diselesaikan.

Dapat kami sampaikan juga bahwa untuk masukan dan keluhan atas pelayanan CIMB Niaga dapat menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau melalui email: 14041@cimbniaga.co.id.

Demikian kami sampaikan. Atas kerja sama dan dimuatnya tanggapan ini, kami ucapkan terima kasih.


Hery Kurniawan
Corporate Communications Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk

(02-09-2022)

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT