Suara Pembaca

Agen AIA Financial Miss Selling, Nasabah Dirugikan

Arie - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 15:14 WIB
Keluhan

Agen AIA Financial pada 16 Maret 2020 di counter lantai 2 gedung BCA Bogor mengatakan dengan penempatan tabungan awal saja (single premi) sekaligus untuk 3 tahun di muka sebesar Rp 24 juta, akan memperoleh Proteksi Retirement Maksima (RetirePlan) sebesar 30% per tahun dan 150% pada akhir masa polis di tahun 2040.

Namun pada 17 Maret 2021, saya ditagih premi lanjutan beserta penjelasan premi harus dibayar selama 5 tahun, dan saya hanya membayar setahun dan disarankan keberatan diajukan tertulis ke kantor AIA.

Tanggal, 20 April 2021, di kantor pusat AIA, saya diminta mengajukan secara tertulis Permohonan beserta menulis Kronologis Keluhan bahwa agen AIA telah miss selling, bahwa premi sekaligus yang dibayarkan ternyata hanya premi tahun pertama saja, yang tidak diceritakan sewaktu penawaran.

Tanggal 22 April 2021, customer care memberikan kebijakan, dengan dua pilihan :
1. Polis tetap aktif dengan tetap melakukan pembayaran tahun berikutnya dengan metode per bulan, atau
2. Polis beserta dana manfaat Hilang/Gugur, tanpa pengembalian apapun

Setelah itu, karena saya masih berupaya dengan kondisi ekonomi yang dilanda pandemik pertama kali, saya masih memaksakan pembayaran per bulan dari 02 Mei hingga 02 Desember 2021, sehingga akhirnya saya tidak mampu lagi menyicil premi yang seharusnya tidak saya bayarkan lagi itu, karena penurunan omzet usaha secara drastis disaat awal pandemic, hingga akhir polis saya dinyatakan lapsed per 01 April 2022.

Dalam kondisi ekonomi saya yang sangat sulit saat ini, ditambah dengan beban yang seharusnya tidak saya tanggung, saya sangat terpukul, kiranya saya boleh mendapat keadilan dari pihak AIA Financial, untuk menginvestigasi agennya dengan seksama, dan boleh mengembalikan apa yang menjadi hak saya.


Arie
Polis no: 362 675 98

Jawaban

Tanggapan AIA Financial

Sehubungan dengan pemberitaan di media Detik.com pada hari Kamis, tanggal 14 April 2022 terkait keluhan dari salah satu nasabah PT AIA FINANCIAL (AIA) yaitu Bapak Arie dari Bogor, Jawa Barat, berikut ini tanggapan kami atas keluhan tersebut:
AIA adalah perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kami senantiasa tunduk dan patuh pada peraturan yang berlaku termasuk dalam hal penyelesaian keluhan nasabah.

Sehubungan dengan keluhan Bapak Arie yang disampaikan dalam pemberitaan tersebut di atas, kami mengkonfirmasikan bahwa Bapak Arie adalah benar merupakan nasabah dan pemegang polis AIA.

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Arie terkait keluhannya. Pada hari Senin tanggal 18 April 2022, tim Layanan Nasabah AIA berhasil menghubungi Bapak Arie dan kemudian bertemu langsung dengan Bapak Arie pada hari Rabu, tanggal 20 April 2022, serta berkomunikasi dengan beliau untuk menanggapi keluhannya.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Arie yang telah menerima penjelasan kami dengan baik dan bersedia mengikuti prosedur penanganan keluhan sesuai ketentuan yang berlaku.

AIA berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepercayaan nasabah. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Arie yang telah mempercayakan asuransinya kepada AIA.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Corporate Communication AIA melalui CORP.COMM@aia.com.


Kathryn Parapak
Chief Marketing Officer
PT AIA FINANCIAL

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.