Suara Pembaca

Ketidakjelasan Investasi di Platform Santara

Christian - detikNews
Rabu, 02 Mar 2022 09:14 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Pada bulan April 2021, saya melihat ada kesempatan investasi di perusahaan equity crowdfunding bernama Santara yang diurus oleh PT Santara Daya Inspiratama. Santara menawarkan saham satu penerbit bernama Marlin Brothers.

Di Prospektus Marlin Brothers halaman 44 disebutkan bahwa return investasi mencapai 13% - 18%. Selain itu, di Profil Marlin Brothers disebutkan investasi ini merupakan investasi zero risk.

Awalnya Marlin Brothers membagikan dividen pada Agustus 2021. Namun, dari bulan September 2021 sampai dengan Desember 2021, tidak ada laporan keuangan bulanan maupun laporan keuangan 6 bulanan yang memberitakan perkembangan MRLN. Email ke Santara tidak dibalas sama sekali.

Hanya chat melalui whatsapp dan Instagram yang dibalas, itupun menyuruh agar saya hanya sabar tanpa ada kejelasan mengenai pengawasan Marlin Brothers. Hal ini tentu sangat merugikan konsumen Santara yang telah mempercayakan uangnya.

Saat ini, jumlah investor MRLN ada sekitar 430 orang dengan total dana urunan Rp 2,8 milyar yang tidak jelas bagaimana nasibnya.


Christian
christian.bunaidi@outlook.com

Jawaban

Terima Kasih Santara, Komplain Sudah Diselesaikan

Melalui surat pembaca ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PT Santara Daya Inspiratama (Santara) karena sudah menanggapi keluhan saya yang dimuat di detik.com dengan sangat baik. Mohon maaf juga apabila surat saya menimbulkan sempat menimbulkan sedikit kegaduhan dan kesalahpahaman.

Permasalahan dengan Santara merupakan murni masalah komunikasi dan telah diselesaikan dengan sangat baik oleh Santara. Semoga Santara selalu sukses ke depannya dan tetap menjadi platform equity crowdfunding yang baik.

Saya ucapkan terima kasih juga kepada redaksi suara pembaca detik.com yang telah memuat surat saya. Salam sejahtera untuk kita semua.

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.