Suara Pembaca

Status Ticket Refundable Traveloka Tak Sesuai Kenyataan

Taruna - detikNews
Senin, 14 Feb 2022 12:15 WIB
Keluhan

Saya memesan tiket pesawat Palembang - Kuala Lumpur (Transit Jakarta) di Traveloka untuk tanggal penerbangan 30 Januari 2022 (Status ticket Non Refundable). Kemudian saya juga memesan ticket pulang Kuala Lumpur - Jakarta untuk tanggal penerbangan 28 Februari 2022 (Status Ticket Refundable).

Saat tanggal 30 Januari 2022, penumpang terbang dari Palembang ke Jakarta menggunakan pesawat Lion Air (JT-339) dan akan berganti pesawat menggunakan Malindo Air (OD-349). Namun karena pesawat Lion Air JT-339 mengalami delay, maka penumpang tidak bisa naik pesawat Malindo Air.

Penumpang disarankan mengadu ke CS untuk reschedule penerbangan. Oleh CS, tiket refund dikarenakan masih ada pembatasan penerbangan ke Malaysia akibat Corona. Di ticket tertulis Non Refundable, namun bisa direfund. Case ini clear.

Karena penumpang tidak jadi pergi ke Malaysia, saya mengajukan refund atas ticket pulang di Traveloka. Ticket ini status nya adalah Refundable. Jelas tertulis di ticket. Setelah melengkapi data dan submit request, 5 menit kemudian saya mendapatkan respon bahwa ticket tidak bisa refund dikarenakan perubahan airline policy.

Saya sudah mengajukan komplain ke CS Traveloka dan mendapatkan jawaban yang sama. Bagaimana mungkin perubahan policy yang baru mempengaruhi pemesanan ticket yang sudah terjadi?

Sangat-sangat kecewa dengan Traveloka. Seharusnya jika ticket tidak bisa di Refund, tulis dengan jelas di ticket, bahkan seharusnya mereka menulis keterangan tersebut di halaman pencarian agar customer lebih aware. Terima kasih.


Taruna
taruna.aang@gmail.com



Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.