Suara Pembaca

Isi Paket Barang Retur Fitur COD Lazada Hilang

Edbert - detikNews
Jumat, 11 Feb 2022 08:41 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Saya sebagai penjual di Lazada sangat kecewa terhadap pelayanan pihak Lazada yang tidak bertanggung jawab dengan paket retur yang saya kirimkan kepada customer.

Pada tanggal 21 Januari 2022, saya sebagai penjual di Lazada mendapatkan orderan untuk pengiriman ke area Sumatera Utara dengan fitur COD dan layanan kiriman Ninja Xpress dengan resi NLIDAP1355818648. Menurut tracking sistem pada Lazada pada tanggal 26 Januari 2022 pembeli yang bersangkutan membatalkan paket tersebut.

Saya sudah komplain kepada pihak Lazada dikarenakan saya sebagai penjual pasti dirugikan atas kejadian ini karena pengalaman kami untuk paket retur dari Lazada packaging pasti sudah rusak tidak berbentuk, dan Lazada selalu menginformasikan bahwa ongkos tersebut telah mereka tanggung.

Namun kami sebagai sisi penjual merasa dirugikan karena bentuk packaging yang kembali sudah pasti tidak dapat kami gunakan kembali, selain itu kami juga harus mengecek baik-baik kondisi barangnya ketika kembali.

Pada tanggal 7 Februari 2022, paket dengan kiriman resi NLIDAP1355818648 kembali ke tempat kami, untungnya pada saat menerima paket tersebut kami berinisiatif untuk melakukan video pada saat unboxing, dan ternyata kami kaget bahwa barang tersebut sebagian hilang.

Kami sebagai penjual melapor kepada pihak Lazada terkait dengan hal ini, namun prosedur di Lazada itu sangat rumit sekali dan memberatkan kami sebagai penjual. Pada saat pengiriman barang kami melakukan pengiriman melalui Lazada drop point yang terdapat di beberapa wilayah area, tidak berhubungan langsung dengan pihak ekspedisi.

Namun ketika terjadi hal ini kami harus mengurus sendiri langsung kepada pihak ekspedisi. Kami minta tolong pertanggung jawaban dari pihak Lazada dan pihak ekspedisi Ninja Xpress untuk menyelesaikan permasalahan kami dikarenakan barang tersebut bukanlah barang murah, nominal retail dari barang tersebut adalah Rp 2,3 juta.

Selain itu kami juga diberikan informasi oleh pihak Lazada bahwa apabila ada paket retur, kami sebagai penjual harus membuka bersama-sama paket retur tersebut dengan pihak ekspedisi. Dengan kondisi pandemi saat ini, umumnya kami sebagai penjual hanya meminta pihak ekspedisi melakukan drop dan pickup paket di depan rumah untuk membantu terjadinya social distancing.

Hal ini pun tidak pernah diinformasikan oleh pihak Lazada secara tertulis pada "Seller Centre" bahwa ketika ada paket returan kami harus membuka bersama-sama dengan pihak ekspedisi. Selain itu tolong Lazada untuk membantu verifikasi jenis customer ketika ingin menyediakan layanan COD dengan barang nominal cukup besar, agar semua sama-sama diuntungkan baik penjual maupun pembeli, jangan hanya mementingkan sisi pembeli. Terima kasih.


Edbert
Nomor transaksi : 784253194628910

Jawaban

Tanggapan Lazada

Menanggapi surat pembaca di Detik News tertanggal 11 Februari 2022, mengenai "Isi Paket Barang Retur Fitur COD Lazada Hilang", kami menyesal atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Edbert.

Kami telah melakukan penelusuran permasalahan dan dapat menginformasikan bahwa tertanggal 21 Februari 2022, pembayaran klaim telah dilakukan langsung kepada Bapak Edbert melalui rekening yang terdaftar di platform Lazada. Kami telah mencoba menghubungi Bapak Edbert melalui sambungan telepon untuk menginformasikan hal ini, namun tidak dapat tersambung.

Sebagai salah satu Pelaku Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) terbesar di Asia, Lazada Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan belanja terbaik bagi para penjual maupun pembeli di platform kami. Kami menghimbau agar jika ada pertanyaan atau permasalahan, para penjual dapat menghubungi layanan chat Customer Care yang tersedia dari hari Senin hingga Minggu melalui aplikasi dan situs pusat bantuan penjual.

Kepuasan, keamanan, kenyamanan pengalaman berjualan dan belanja online di Lazada Indonesia bagi penjual maupun pembeli selalu menjadi prioritas kami.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.


Farid Suharjo
Vice President, Customer Care, Lazada Indonesia

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.