Suara Pembaca

Asuransi Prudential Belum Memenuhi Kewajiban Untuk Membayar Klaim

Timbul - detikNews
Jumat, 11 Feb 2022 08:34 WIB
Keluhan

Saya mengajukan klaim dari tertanggung adik saya yang sudah meninggal pada 3 September 2020. Saya merupakan wali dari anak almarhum yang sebagai penerima manfaat yang belum mencapai usia dewasa (17 tahun dan 15 tahun) sesuai keputusan penetapan wali oleh pengadilan Negeri.

Pada 24 Mei 2021, dokumen klaim lengkap sesuai dengan ketentuan sudah diserahkan kepada pihak Prudential. Saya telah melengkapi semua surat pernyataan yang dimintakan kepada saya, pihak Prudential juga mengatakan tidak ada dokumen yang kurang.

Pada 24 November 2021, saya menerima surat dari Prudential yang memberitahukan bahwa Prudential setuju membayarkan klaim kepada saya selaku wali penerima manfaat sesuai Putusan Penetapan Pengadilan dan meminta saya melengkapi surat pernyataan STTPH. Prudential telah menerima surat pernyataan STTPH tersebut.

Walau kami sudah melengkapi surat penetapan wali yang sah oleh pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, namun sampai saat ini Prudential masih belum melakukan pembayaran. Almarhum telah meninggal dunia tujuh belas bulan. Kami membutuhkan dana klaim tersebut untuk membiayai kebutuhan hidup, pendidikan, asuransi, dan lain-lain untuk anak-anak almarhum.

Saya sangat berharap Prudential bisa segera membayar dan tidak merugikan hak-hak anak yatim piatu. Terima kasih.


Timbul
scc_mdn@yahoo.com

Jawaban

Tanggapan Prudential

Terima kasih atas kerja sama baik yang telah terjalin selama ini antara PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dengan DetikNews.

Sehubungan dengan dimuatnya surat pembaca yang dikirim oleh Bapak Timbul Tioruddin berjudul "Asuransi Prudential Belum Memenuhi Kewajiban Untuk Membayar Klaim" pada rubrik surat pembaca DetikNews, izinkanlah kami memberi tanggapan atas surat tersebut.

Sehubungan dengan pengajuan klaim yang dikirimkan oleh bapak Timbul Tioruddin terhadap polis atas nama Tebing Tioruddin, dapat kami sampaikan bahwa Prudential Indonesia menunggu kepastian hukum atas adanya perselisihan perwalian dari penerima manfaat, adapun penerima manfaat saat ini belum masuk usia dewasa.

Prudential Indonesia akan membayarkan manfaat Polis sesuai dengan kepastian hukum dimaksud. Prudential Indonesia telah berkomunikasi dengan beliau melalui e-mail sejak tanggal 29 Oktober 2021, melalui telepon sejak 1 November 2021, dan juga telah mengirimkan surat dari kuasa hukum Prudential Indonesia pada 27 Januari 2022.


Luskito Hambali
Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.