Suara Pembaca

KPR BTN Sudah Lunas, Sertifikat Tak Kunjung Jadi

Riza - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 07:28 WIB
Keluhan

Pada bulan April 2011, saya melakukan akad kredit KPR dengan pihak Bank BTN cabang Cawang Jakarta Timur untuk masa angsuran 15 tahun dengan nomor KPR 0024101010012118. Tahun 2016, saya sempat mendengar dari tetangga bahwa sertifikat rumah saya belum jadi, tapi saya tidak percaya begitu saja karena tidak mungkin pihak BTN tidak memberitahu bila memang ada masalah.

Tanggal 16 Agustus 2019, saya datang ke kantor BTN Cawang dan meminta copy sertifikat rumah saya untuk suatu kepentingan, dan ternyata benar sertifikat rumah saya memang belum ada, katanya ada masalah di bagian notaris. Dengan beberapa pertimbangan, saya disarankan oleh seorang Loan Service untuk membuat surat komplain. Tetapi surat tersebut tidak kunjung direspons oleh pihak BTN hingga saat ini.

Tanggal 10 September 2020, saya melakukan pelunasan kredit lebih cepat dari rencana kredit 15 tahun dan sertifikat belum juga diterima hingga saat ini. Sejak saya mengetahui bila sertifikat saya belum jadi hingga saat ini, saya sudah berulangkali menghubungi banyak jajaran di BTN Cawang,.

Tanggal 26 Januari 2021, pihak BTN akhirnya mengundang saya dan beberapa tetangga yang mengalami masalah yang sama untuk mengadakan Zoom Meeting mencari solusi, dan akhirnya terjadilah kesepakatan dan janji yang poin utamanya adalah pengurusan sertifikat akan segera dilakukan dan biaya pengurusan akan ditanggung bersama secara proporsional dan akan ditalangi pihak BTN lebih dulu.

Faktanya hingga surat pembaca ini ditulis, berkas dan dana pengurusan belum juga diserahkan kepada notaris sehingga notaris terkait belum bisa melakukan tugasnya. Mohon tanggapan dan solusinya, terima kasih.


Riza
Nomor KPR 0024101010012118

Jawaban

Terima kasih kami ucapkan kepada Sdr. Riza Hadi yang telah menjadi debitur Bank BTN, sekaligus kami menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan dalam pelayanan terkait dengan dokumen kredit yang dialami oleh Ybs pada Bank BTN Kantor Cabang Cawang.

Permasalahan sebagaimana tersebut di atas telah dibahas dalam pertemuan yang dihadiri juga oleh Sdr. Riza Hadi selaku debitur Bank BTN. Berdasarkan pertemuan tersebut disepakati dengan dana sharing dari para Pihak dan Bank BTN akan mengupayakan penyelesaian sertifikat oleh Notaris dengan perkiraan waktu penyelesaian sekitar 4 bulan.

Bank BTN akan terus melakukan monitoring atas penyelesaian sertifikat tersebut dengan koordinasi notaris dan akan menyerahkan sertifikat tersebut pada waktunya kepada Sdr. Riza Hadi.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.