Suara Pembaca

Tingkat Keberhasilan Pengembalian Modalku Mengecewakan

Yulius - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 05:43 WIB
Keluhan

Saya adalah investor P2P Lending Modalku. Melihat penampilan informasi terkait TKB90 (Tingkat Keberhasilan Pengembalian hari ke 90) yang sebesar 98,44%, saya tertarik berinvestasi di Modalku.

Dengan memahami persyaratan peminjaman dana yang sudah disepakati, saya menyetor modal sebesar Rp 30 juta dari berbagai jenis penawaran pinjaman. Akan tetapi setelah berlangsung hampir satu tahun, modal yang kembali hanya sebesar Rp 15 juta atau hanya 50% dari modal yang disetorkan.

Saya sudah menghubungi Modalku dan tidak mendapatkan jawaban yang jelas. Mohon agar lembaga berwenang OJK lebih mengawasi fintech yang saat ini sedang marak untuk benar-benar memberikan informasi yang akurat sehingga para investor tidak dirugikan.


Yulius
y_sancoko@yahoo.com

Jawaban

Tanggapan Modalku atas Suara Pembaca Bapak Yulius

Sehubungan dengan surat Bapak Yulius di Detik.com pada tanggal 12 April 2021 berjudul Tingkat Keberhasilan Pengembalian Modalku Mengecewakan, dengan ini kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami oleh Bapak Yulius.

Dapat kami sampaikan bahwa staf kami telah berkomunikasi langsung dengan Bapak Yulius dan menjelaskan kondisi yang menyebabkan hal ini terjadi. Saat ini, Tim Modalku terus berupaya untuk melakukan proses penagihan kepada peminjam terkait dan kami akan terus memberikan pembaharuan informasi melalui aplikasi pendana mengenai langkah - langkah yang telah dilakukan Modalku.

Sebagai informasi, TKB90 merupakan salah satu indikator performa penyelenggara P2P lending dalam memfasilitasi kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu hingga 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Sebagai salah satu cara untuk mitigasi risiko, diversifikasi menjadi kunci penting dalam melakukan aktivitas investasi di berbagai instrumen, sama halnya di Modalku. Sebagai pendana, implementasi diversifikasi dapat dilakukan dengan menempatkan dana mulai Rp 100 ribu ke sebanyak mungkin UMKM yang menjadi peminjam di Modalku. Untuk mengoptimalkan diversifikasi pinjaman, pendana juga bisa menentukan jumlah pendanaan maksimal yang dapat diberikan ke 1 peminjam (UMKM). Bila salah satu UMKM yang didanai mengalami keterlambatan atau gagal bayar pinjaman, pendana bisa terhindar dari risiko kehilangan dana yang dipinjamkan. Informasi lebih detail tentang diversifikasi bisa ditemukan di blog Modalku.

Modalku juga memiliki beberapa opsi produk pendanaan untuk meminimalisir risiko alternatif investasi yaitu, produk Pinjaman Terproteksi yang memberi proteksi terhadap pendanaan kepada para pendana dengan kerjasama bersama perusahaan asuransi. Selain itu, Modalku juga dipercaya oleh Kementrian Keuangan untuk menjadi salah satu mitra distribusi produk Surat Utang Negara yang sudah dijamin oleh pemerintah.

Modalku selalu berupaya untuk memberikan pengalaman pendanaan yang maksimal bagi para pendana dan terbuka untuk berdiskusi dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Untuk dapat berkomunikasi lebih lanjut, Bapak Yulius dapat menghubungi kami melalui natasha.helena@fundingsocieties.com ke layanan@modalku.co.id atau nomor Customer Service Modalku di 0878 6500 8311.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan dimuatnya surat tanggapan ini kami ucapkan terima kasih.


Tim Modalku

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.