Suara Pembaca

Retur Barang dan Return Dana Sepihak, Admin Tokopedia Rugikan Penjual

Wiryaguna - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 07:35 WIB
Keluhan

Pada tanggal 19 Januari 2021 saya melakukan penjualan HP Vivo bekas pada marketplace yang saya percaya yaitu Tokopedia, deskripsi saya jelaskan kondisi sesuai foto yaitu freeze pada Recovery Mode, pembeli paham dan setuju kemudian melakukan transaksi.

Barang diterima 24 Januari dan pembeli melakukan komplain ke Tokopedia bahwa Touchscreen HP tidak bisa disentuh, dan langsung ditanggapi dan disetujui solusi yang diminta, yaitu Retur Barang dan Kembali Dana oleh admin tanpa ada opsi bagi penjual untuk keberatan.

Saya sudah sampaikan bukti Video Recovery Mode Vivo dari Youtube bahwa memang tidak bisa disentuh, hanya bisa gunakan tombol samping. Saya sertakan juga screenshoot jawaban dari Official Twitter Vivo bahwa pada Mode Recovery HP Vivo touchscreen nya tidak akan berfungsi.

Namun pembeli mengatakan sebaliknya, penjual dikatakan ngotot dan admin Tokopedia atas nama Fadla tetap menyalahkan penjual dengan bukti-bukti yang ada. Bahwa sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Tokopedia poin P nomor 8, huruf (ii) bahwa: Bukti dari Pembeli dan/atau Penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email Tokopedia, Layanan Pengguna, dan lainnya), sedangkan bukti dari penjual tidak dijadikan pertimbangan sama sekali.

Mohon admin Tokopedia lebih menambah wawasan mengenai Gadget, bertanya dan berdiskusi pada ahlinya, bukan berdasar video unboxing pembeli dan kemudian menyalahkan penjual dan menyetujui Retur Barang yang sudah diterima yang sudah dicoba untuk dibetulkan sendiri. Terima kasih.


Wiryaguna
Invoice INV/20210119/XXI/I/730824925



Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.