Suara Pembaca

Proses Refund Aliexpress Melalui Doku Wallet Tak Ada Kejelasan

Arif - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 16:16 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Saya mengajukan refund atas transaksi di Aliexpress dan telah disetujui untuk kemudian diarahkan melakukan aktivasi Doku Wallet atas akun AliExpress saya. Kemudian saya melakukan aktivasi Doku Wallet dan sudah diverifikasi pihak Doku pada tanggal 01 November 2020 dan mencoba menghubungi lagi customer service melalui email.

Namun tidak ada respon sama sekali hingga tanggal 11 November 2020. Tanggal 11 November 2020, saya kembali menghubungi Aliexpress dan diberikan nomor referensi refund serta diarahkan kembali untuk mengambil dana refund dengan menghubungi Doku.

Customer service Doku sangat lama merespons, lebih dari 1x24 jam setelah saya mengirim DM melalui Twitter. Saya diminta berbagai syarat dokumen yang diperlukan dan sudah saya penuhi dengan mengirimkan melalui email. Dalam email berikutnya diinformasikan bahwa tidak ada akun Doku Wallet yang terhubung ke alamat email saya.

Akhirnya saya mencoba untuk melakukan top up atas akun tersebut dan ternyata gagal, ketika dicoba untuk menerima transfer dari Doku Wallet lain pun gagal. Dari sini saya berkesimpulan bahwa ada masalah dalam sistem Doku. Saya sebagai pengguna sudah mengikuti prosedur serta syarat dokumen yang diperlukan, namun pihak Doku sangat disayangkan terkesan menyepelekan permasalahan.


Arif
0877741****

Jawaban

Tanggapan DOKU

Menanggapi artikel yang muncul per tanggal 24 November 2020 dengan judul "Proses Refund Aliexpress Melalui Doku Wallet Tak Ada Kejelasan" yang dikirimkan saudara Arif, bahwa proses pengembalian dana sudah dilakukan oleh DOKU pada hari Rabu, 25 November 2020 ke akun DOKU e-Wallet dengan DOKU ID 13644*** sebesar Rp. 100.000.

Pengembalian dana tersebut terkendala dalam proses verifikasi karena adanya perbedaan data dari laporan pelanggan yang kami terima per tanggal 11 November 2020. Seperti yang sudah diinformasikan customer care DOKU bahwa proses pengembalian memerlukan waktu maksimal 14 hari kerja. Informasi ini sudah kami kirimkan melalui akun social media dan care@doku.com yang terdaftar.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.


DOKU

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.