Suara Pembaca

Dana Klaim Jaminan Kematian BPJSTK Tak Kunjung Cair

Septia - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 08:46 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Saya ahli waris dari peserta BPJS Ketenagakerjaan atas nama almarhumah ibu saya Widayati yangg meninggal pada tanggal 24 Desember 2019. Pada bulan Juli 2020, saya mengajukan berkas untuk klaim dana ahli waris.

Tanggal 23 Juli 2020, kami dipanggil oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk interview ahli waris. Diberitahukan bahwa dana klaim akan cair paling lambat dalam waktu 7 sampai 14 hari kerja. Kami menunggu sampai 3 minggu, namun dana klaim yang dijanjikan bekum juga cair.

Saya sudah menghubungi perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, diinformasikan bahwa kepesertaan ibu saya ternyata masih aktif sampai bulan Maret 2020 dan BPJSTK meminta waktu mengurusnya.

Tetapi sampai surat ini saya kirimkan, dana klaim belum cari dan setiap konfirmasi, jawaban yang diberikan selalu tinggal menunggu. Saya hanya ingin kepastian bagaimana status klaim Jaminan Kematian ibu saya yang tak kunjung cair tersebut. Terima kasih.


Septia
08578274****

Jawaban

Tanggapan BPJamsostek

Menanggapi pengaduan yang disampaikan oleh Ibu Septia, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang kami berikan.

Sebagai informasi, pada tanggal 13 November 2020, kami telah berhasil membayarkan klaim JKM almarhumah ibu Widayati kepada ahli waris yang bersangkutan. Keterlambatan pembayaran tersebut disebabkan adanya permasalahan pada data tenaga kerja.

Selanjutnya kami informasikan bahwa selama masa pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK memberlakukan Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) melalui kanal online lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Bagi peserta yang terkendala pada LAPAK ASIK online dapat dilayani secara onsite di Kantor Cabang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, guna menekan penyebaran Covid -19.

Kami juga menghimbau kepada para peserta untuk mengajukan klaim JHT melalui kanal resmi dan tidak menggunakan jasa calo, karena seluruh proses klaim tidak dipungut biaya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 175 atau media sosial resmi BPJAMSOSTEK

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.